Kamis, 05 Januari 2017

21.44 -

Iman


Iman adalah suatu karunia Allah yang membimbing kita ke dalam eksistensi rohani Kerajaan Allah, yang kedatangan-Nya  telah diwartakan Kristus. Bertumbuh melalui ketaatan kepada hukum-Nyayang terungkap dalam cinta kasih persaudaraan (Mother Teresa; Rm 10:17; 1 Tim 1:12))

Ciri orang berimanselalu bersyukur kepada Allahmereka menyadari bahwa segala sesuatu berasal dari Allah.

Iman dimulai oleh kemampuan mendengarkan firman TuhanIman adalah satu kegiatan akal budimenerima kebenaran ilahi atas perintah kehendak yang digerakkan oleh Allah dengan perantaraan rahmat (Tomas Aquinas, KGK 155)

Iman bertumbuh dalam penganiayaan dan dalam pembacaan Kitab Suci (2 Tim 3:10-17).

Tuhan telah menanamkan benih iman di hati kitayang harus kita lakukan adalah: menyiraminya dengan doamenyuburkannya dengan firman-Nya dan mengolahnya dengan banyak kasih.





Apakah iman itu?

Pentingnya karunia iman

Mata yang berdimensi tiga

Firman iman

Dewasa dalam iman

Iman mengartikan lembar kehidupan


 Krisis dunia = krisis iman













Katekismus Gereja Katolik





Tanda pengenal iman Kristen: kepercayaan akan penjelmaan Putera Allah menjadi manusia (KGK 463).

Iman Kristen bukanlah satu "agama buku". Agama Kristen adalah agama "Sabda Allah", "bukan sabda yang ditulis dan bisu, melainkan Sabda yang menjadi manusia dan hidup(Bernard, hom. miss. 4, 11)

KristusSabda abadi dari Allah yang hidup, membuka pikiran kita dengan penerangan Roh Kudus, "untuk mengerti maksud Alkitab(Luk 24:45), supaya ia tidak tinggal huruf mati (KGK 108).

Orientasi kekosongan dalam iman Kristiani bukan pada pengosongan tetapi justru kepada pengisianTuhan tidak meminta kita melepaskan harta benda kita, pekerjaan, keluarga, dan mundur dari dunia. Yang Tuhan inginkan adalah "bergesernya titik berat dalam hati kita". Itulah sebabnya kita menjumpai orang-orang yang mendapatkan Tuhan secara berlimpah justru di saat mereka berada di tengah-tengah kebangkrutan, sakit yang tak tersembuhkan, atau kehilangan anggota keluarga yang sangat dicintainya. 




kirimkan ke


pengagum.pengikut.blogspot.com