Senin, 16 Januari 2017

22.51 -

Sekilas info soft drink



Minuman ringan berkarbonasi dikenal dengan nama softdrink. Sejak seabad yang lalu, minuman ini paling populer di Amerika Serikat mengungguli minuman lainnya seperti kopi, teh dan jus. 

Minuman ini banyak disukai karena rasanya yang nikmat, siap saji dan sangat memenuhi selera bagi mereka yang sedang dahaga, terutama setelah berolahraga dan bekerja berat. Biasanya seseorang menyukai minum soft drink dingin setelah makan

Hal ini dapat mengurangi keefektivan dari enzim pencernaan. Karena Tuhan menciptakan manusia dengan suhu tubuh + 370 C agar enzim pencernaan dapat berfungsi dengan baik.

Ada juga suatu kebiasaan yang sangat buruk, yaitu: makan kentang goreng bersama dengan softdrink. Hal ini dapat mengakibatkan terjadi fermentasi dan penyebaran racun di seluruh tubuh yang mengakibatkan terjadinya berbagai macam penyakit (kentang goreng membutuhkan waktu berminggu minggu untuk dapat dicerna). Apalagi jika sedang sakit demam dan flu, softdrink akan mempersulit tubuh untuk melawan penyakit tersebut.

Di Universitas Delhi ada sebuah kompetisi minum Coca-Cola. Pemenangnya meminum 8 botol dan mati seketika karena kelebihan Karbondioksida dalam darah dan kekurangan oksigen.

Manfaat Softdrink:

· Untuk membersihkan toilet

Tuangkan sekaleng softdrink ke dalam toilet. Tunggu sejam, kemudian siram sampai bersih. Asam Sitrat (citric acid) dalam softdrink menghilangkan noda-noda dari keramik.

· Untuk membersihkan radiator mobil

Campur sekaleng softdrink ke dalam Radiator. Panaskan mesin 15-30 menit. Dinginkan mesin, setelah itu buang air radiator. Anda akan melihat karat yang rontok bersama air tersebut.

· Untuk menghilangkan titik-titik karat dari bumper chrome mobil

Gosok bumper dengan gumpalan aluminium foil yang telah direndam dalam softdrink. 

· Untuk membersihkan korosi dari terminal aki mobil

Tuangkan sekaleng softdrink di atas terminal aki untuk membersihkan korosi.

· Untuk melonggarkan baut yang berkarat

Gosokkan kain yang direndam dalam softdrink pada baut yang berkarat.

· Untuk menghilangkan noda-noda lemak dalam pakaian

Tuangkan sekaleng softdrink ke dalam tumpukan cucian yang bernoda lemak, tambahkan detergent, dan putar dengan putaran normal. Softdrink akan menolong menghilangkan noda lemak.

· Dipakai untuk membersihkan darah orang korban kecelakaan di jalan

Tumpahkan softdrink pada ceceran darah maka itu akan membersihkannya seketika.

Walaupun memiliki banyak keuntungan tapi ternyata banyak juga kerugiannya bila kita mengkonsumsi softdrink. 

Kerugian softdrink:

· pH rata-rata dari softdrink adalah 3.4

Tubuh manusia secara alamiah memiliki pH 7,0 sedangkan softdrink bersifat sangat asam. 

- Bila disimpan terlalu lama, softdrink dapat menembus garis sambung pada kaleng alumunium dan dapat melumerkan kaleng tersebut, hal ini dapat menyebabkan gangguan syaraf dan penyakit lainnya. Pasien penderita alzheimer yang telah diotopsi semuanya memiliki kadar aluminium yang sangat tinggi dalam otaknya.

- Jika kita minum softdrink terus-menerus maka akan terjadi pengendapan limbah asam dalam tubuh (sendi dan organ tubuh). Selain itu tingkat keasaman yang cukup kuat akan melarutkan gigi dan tulang

Semua Calcium yang larut berkumpul di dalam arteri, urat nadi, kulit, urat daging dan organ yang mempengaruhi fungsi ginjal, akhirnya terbentuklah batu ginjal.

Seseorang menaruh gigi patah di dalam botol softdrink, dan dalam 10 hari gigi tersebut melarut! Gigi dan tulang adalah satu-satunya organ manusia tetap utuh selama tahunan setelah manusia mati. Bayangkan apa yang dilakukan minuman tersebut pada usus dan lapisan perut kita yang halus!

· kandungan gula relatif lebih tinggi 

Pemrosesan gula tingkat tinggi dalam softdrink memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita. Untuk mengganti air ini, orang harus minum 8-12 gelas air untuk setiap gelas yang diminum. 

Jadi, Softdrink tidak pernah meng-hilangkan rasa haus, karena softdrink bukanlah air yang diperlukan oleh tubuh

Jika kita minum softdrink terus - menerus akan menyebabkan dehidrasi seluler kronis (lih. Pesan penting untuk kesehatan anda), pada gilirannya akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Jumlah gula yang tinggi dalam softdrink menyebabkan pankreas memproduksi insulin dalam jumlah besar, yang mengakibatkan “benturan gula”, kelebihan gula dalam insulin dapat menyebabkan diabetes dan penyakit yang terkait dengan ketidakseimbangan dalam tubuh. 

Keadaan ini dapat mengganggu pertumbuhan anak sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan seumur hidup.

Kafein dan jumlah gula yang tinggi dapat menghentikan proses pencernaan. Ini artinya metabolisme dalam tubuh bisa terhambat

· Banyak zat aditif seperti pengawet dan pewarna.

Softdrink mengandung aspartame. Di Amerika, FDA telah menerima lebih dari 10400 keluhan konsumen terhadap aspartame (depresi, insomnia, penyakit saraf dan banyak penyakit lainnya).

· Mengandung fosfat yang tinggi

Hal ini dapat menghancurkan mineral penting dalam tubuh. Jika kekurangan mineral yang serius dapat menyebabkan penyakit jantung (kekurangan magnesium), osteoporosis (kekurangan kalsium) dan banyak lagi. Sebagian besar vitamin tidak berfungsi di dalam tubuh tanpa adanya mineral.

· Tidak punya nilai gizi (dalam hal vitamin dan mineral).

Di dalam banyak hikmat ada banyak susah hati, dan siapa memperbanyak pengetahuan, memperbanyak kesedihan (Pkh 1:18)


(Sumber: Warta KPI TL No. 97/V/2012 » http://wynarjowibowo.blogspot.com/2010/11/makalah-softdrink.html).