Minggu, 25 Oktober 2015

19.28 -

Studi Ilmiah Tentang Cinta

Pengujian-pengujian terhadap beberapa pasangan yang lagi jatuh cinta - di Yayasan Menninger Topeka Kansas.


Dalam keadaan jatuh cinta tekanan darah pasangan yang diteliti menurun, lebih jarang dikunjungi kelelahan, dan yang paling penting rasa sakit banyak yang hilangciuman, pelukan dan belaian (secara langsung maupun tidak langsung) memberikan pengaruh terhadap kualitas hubungan manusia

Kenangan cinta itu kita bawa kemana-mana, lengkap dengan keteduhan dan kesejukannya seperti hujan yang menyirami rumput yang lagi kehausan. 

Cinta sebagai kekuatan penyembuhan (Bernie Siegel)

Kelompok anak orang utan yang disusui oleh ibunya di hutan yang kotor dan tidak steril, ternyata daya tahan tubuhnya lebih baik dibandingkan kelompok orang utan yang dipelihara manusia di laboratorium yang steril.

Terbukti, anak monyet yang dipisahkan dari induknya itu membuat kekebalan anak monyet menurun secara drastis (Dr Christopher Coe dari Stanford). 

Meningkatkan immunoglobin A dalam air liur – terutama orang-orang yang memiliki sifat tidak mementingkan diri (Psikolog dari Harvard David Mc. Clelland dan Carol Kirshnit). Menemukan film-film yang bertemakan cinta dan kasih sayang bisa meningkatkan immunoglobin A dalam air liur.

(Sumber: No. 27/VII/2006; The Power of the Mind to Heal - Studi Ilmiah Tentang Cinta, Joan Borysenko, Ph. D. Dan Miroslav Borysenko Ph. D).