Senin, 29 April 2019

16.10 -

Kej 6:5-8, 7:1-5, 10

Sarapan Pagi
Agar Jiwa Kita Disegarkan Oleh-Nya


Firman yang tertanam di dalam hatimu,
yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
(Yak 1:21)


Penanggalan liturgi

Selasa, 19 Februari 2019: Hari Biasa VI - Tahun C/I (Hijau)
Bacaan: Kej 6:5-8, 7:1-5, 10; Mzm 29:1a, 2, 3ac-4, 3b, 9b-10; Mrk 8:14-21)


Ketika dilihat Tuhan, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata, maka menyesallah Tuhan, bahwa Ia telah menjadikan manusia di bumi, dan hal itu memilukan hati-Nya. 

Berfirmanlah Tuhan: "Aku akan menghapuskan manusia yang telah Kuciptakan itu dari muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang-binatang melata dan burung-burung di udara, sebab Aku menyesal, bahwa Aku telah menjadikan mereka." Tetapi (1) Nuh mendapat kasih karunia di mata Tuhan. 

Lalu berfirmanlah Tuhan kepada Nuh: "Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini.

Dari segala binatang yang tidak haram haruslah kauambil tujuh pasang, jantan dan betinanya, tetapi dari binatang yang haram satu pasang, jantan dan betinanya; juga dari burung-burung di udara tujuh pasang, jantan dan betina, supaya terpelihara hidup keturunannya di seluruh bumi.

Sebab tujuh hari lagi Aku akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan Aku akan menghapuskan dari muka bumi segala yang ada, yang Kujadikan itu." Lalu (2) Nuh melakukan segala yang diperintahkan Tuhan kepadanya. 


Renungan


1. Nuh pemberita kebenaran

(1) Allah menyelamatkan keluarga Nuh (2 Ptr 2:5) karena ia adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup BERGAUL DENGAN ALLAH, seperti LAMEKH, ayahnya (Kej 4:18); HENOKH, nenek moyangnya (Kej 6:9; 5:22; Henokh, keturunan ketujuh dari Adam (Yud 1:14).

[Dalam Alkitab ada banyak nama yang sama. Berhati-hatilah dalam menuliskan ayat rujukan! 

Misalnya: LAMEKH MEMBUNUH seorang laki-laki karena ia melukainya, memukulnya sampai bengkak; HENOKH, nenek moyangnya, anak Kain. Kain MEMBUNUH (Kej 4:18, 23, 17, 8)]. 

(2) Karena iman, maka Nuh taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya (Ibr 11:7). 

Sejak kita dibaptis, kita pun diutus untuk pemberita kebenaran. Inilah yang dikehendaki-Nya, yaitu supaya semua orang berbalik dan bertobat (2 Ptr 3:9).

Tuhan Yesus memberkati.