Senin, 04 April 2016

20.01 -

Mrk 4:21-25

Sarapan Pagi
Agar Jiwa Kita Disegarkan Oleh-Nya


Firman yang tertanam di dalam hatimu,
yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
(Yak 1:21)


Penanggalan liturgi

Kamis, 28 Januari 2016: Pw S. Tomas Aquino, ImPujG - Tahun C/II (Putih)
Bacaan: 2 Sam 7:18-19, 24-29; Mzm 132:1-2, 3-5, 11, 12, 13-14; Mrk 4:21-25; RUybs.

Kamis, 31 Januari 2019: Pw St. Yohanes Bosko, Im - Tahun C/I (Putih)
Bacaan: Ibr 10:19-25; Mzm 24:1-2, 3-4ab, 5-6; Mrk 4:21-25; RUybs.


1. Identitas Ke-Kristen-an

Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.

Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

Renungan:

Hakekat dari lampu adalah untuk membuat orang sanggup melihat. Lampu ialah terang yang menerangi.

Demikian pula dengan kebenaran Injil. Injil adalah firman kebenaran (Ef 1:13, Kol 1:5). Kebenaran ini bukan sesuatu yang harus disembunyikan atau ditutup-tutupi tetapi dimaksudkan untuk dilihat.

Ke-Kristen-an kita sebaiknya menjadi lampu untuk yang lain, yang membawa terang kepada yang lain, sehingga yang lain sanggup melihat kebenaran.

Memang sering sulit menunjukkan identitas ke-Kristen-an, sebab banyak orang tak suka dengan penampakan-penampakan lahiriah.

Tetapi bagaimana orang bisa mengetahui “yang terdapat dalam hati” kalau tak muncul dalam tanda-tanda lahiriah.

Sebagai seorang Kristen yang benar akan tetap setia pada kebenaran Injil. Hal inilah yang memungkinkan orang lain melihat kebenaran itu dan orang lain bisa tertolong untuk mengerti dan menerima kebenaran tersebut.

Mari kita tunjukkan kebenaran Allah lewat diri kita setiap hari, sehingga setiap orang percaya dapat hidup kudus dan tak bercela di hadapan Tuhan.

Tuhan Yesus memberkati.


2. Fungsi pelita

Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa (*) pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap. Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"

Renungan:

Kita tahu bahwa fungsi utama dari sebuah pelita adalah memberi penerangan di kegelapan, untuk mencari sesuatu yang hilang atau tersembunyi. Supaya tidak mengalami kedinginan pelita juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh. 

Dunia tempat kita berpijak ini adalah dunia yang dipenuhi dan dikuasai oleh kegelapan sehingga banyak orang yang tersesat (Yoh 3:19)

Oleh karena itu, kita yang telah menerima terang Kristus “… jangan tinggal di dalam kegelapan.” (Yoh 12:46), namun jalankan fungsi pelita yang memancarkan cahaya dan memberikan kehangatan.

Orang-orang dunia saat ini telah kehilangan banyak hal: kasih yang tulus, kebaikan, perhatian, damai sejahtera dan sukacita. Adakah kehadiran kita mampu mengisi sisi yang hilang yang selama ini tidak mereka dapatkan dari dunia ini?

Tuhan Yesus memberkati.