Kamis, 25 Februari 2016

Daftar Isi Blog



Teologi adalah ilmu pengetahuan untuk memahami isi ajaran imanTanpa pembaruan hati, agama adalah sia-sia.




Ajaran (perkataan) sehat yakni perkataan Tuhan kita Yesus Kristus (1 Tim 6:3).

Sarana yang paling baik untuk mencapai kehidupan rohani adalah doa dan bacaan rohani

Bacaan rohani adalah salah satu dari latihan-latihan rohani dan kewajiban rohani yang paling bernilaiTidak seorang pun boleh mengabaikannya. Dalam memilih suatu bacaan, janganlah mengambil bacaan yang terlalu berat dan sulit. bacalah apa yang kamu anggap lebih berguna untuk kehidupan rohani (Mother Teresa).

Mata kita ibarat jendelaMelalui jendela ini, baik Kristus maupun dunia dapat masuk menerobos ke dalam hati kita (Mother Teresa).

Televisi adalah jendela atau pintu yang kita buka untuk masuknya setan dan neraka. Akan tetapi, kalau kita membaca buku rohaniterlebih lagi tentang Misa Sucikita bergaul bukan hanya dengan para malaikat dan orang kudusmelainkan dengan Tuhan Yesus sendiri (St. Padre Pio).




Daftar isi

pengagumataupengikut.blogspot.com



Artikel berdasarkan:

1. Ayat Kitab Suci

2. Ayat Renungan Sarapan Pagi

3. Kategori

Artikel berasal dari:

1. Warta KPI TL




2. Renungan "Sarapan Pagi 
Agar Jiwa Kita Disegarkan Oleh-Nya"


3. Ajaran Gereja dan berbagai artikel lainnya
yang dapat membangun jiwa.



Bertanya untuk menggali pengertian yang lebih mendalam adalah bagian dari penghayatan iman yang bertanggung jawab (fides quaerens intellectum).

Iman tidak pernah mengecewakan Allah selalu menjawab iman yang mempertanyakanbahkan ketika Ia tidak menjawab seperti yang diharapkan secara manusiawi oleh orang beriman (Adrienne von Speyr).

Ajaran Gereja Katolik menjawab pertanyaan yang paling mendasar dalam hidup kitaPertanyaan-pertanyaan ini hanya bisa dijawab dengan memuaskan jika kita punya keterbukaan hati terhadap rahmat Tuhanmenerima apa yang dinyatakan Yesus melalui Gereja yang didirikan-Nya.


Jika kita mempelajari sejarah Gereja, kita akan semakin menyadari bahwa Tuhan Yesus sendiri menjaga Gereja-Nya: sebab setiap kali Gereja ‘diserang’ oleh ajaran yang sesatAllah mengangkat Santo/Santa yang dipakai-Nya untuk meneguhkan ajaran yang benar dan Yesus memberkati para penerus rasul dalam konsili-konsili untuk menegaskan kembali kesetiaan ajaran Gereja terhadap pengajaran Yesus kepada para Rasul.


Konsili-konsili diadakan untuk menegaskan kembali ajaran Gereja (yang sudah berakar sebelumnya) dan menjaganya terhadap serangan ajaran-ajaran sesat/menyimpangJadi yang ditetapkan dalam konsili merupakan peneguhan ataupun penjabaran ajaran yang sudah adadan bukannya menciptakan ajaran baru. 

Magisterium dihasilkan dari konsili-konsiliTingkatan dalam pengajaran Magisterium1. Credenda 2. Tenenda 3. Obsequium 4. Servandi

Tingkatan gradasi atau hirarki keputusan dan ajaran GK1. Dogma 2. Konstitusi 3. Dekrit 4. Dekrarasi/Pernyataan 5. Ensiklik 6. Surat Apostolik 7. Surat Kongregasi Kuria Romana






Selain Alkitab, buku ini telah menjadi bacaan rohani wajib berabad-abad lamanya bagi calon imam, imam, biarawan-biarawati, dan kaum awam di seluruh dunia bagi mereka yang ingin menjadikan dirinya secitra dengan KristusTidak salah kalau disebut sebagai Alkitab kedua oleh para Kudus.




Kalian berharga bagi-NyaDia mencintai kaliandan Dia begitu mencintai dengan lemah lembut sehingga Dia mengukir kalian di telapak tangan-Nya. Ketika hati kalian merasa gelisah, ketika hati kalian merasa terluka, ketika kalian rasanya hancur, Ingatlah: aku berharga bagi-Nya, Dia mencintaiku, Dia telah memanggil dengan namaku, aku adalah milik-Nya (Mother Teresa).


Aku telah berdoa untuk engkausupaya imanmu jangan gugurDan engkau, jikalau engkau sudah insyafkuatkanlah saudara-saudaramu (Luk 22:32).

Tuhan Yesus, kini aku mohon kepada-Mu, bantulah aku agar tetap dekat pada-Mu dengan hati berkobaragar tetap gembira mengemban perutusan yang Engkau percayakan kepadaku: yakni melanjutkan kehadiran-Mudan menyebarkan berita gembira - Engkau telah bangkit(Pater Carlo Maria Martini, SJ).



Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik! (Rm 10:15).

Kesaksian hidup Kristiani beserta amal kasih yang dijalankan dengan semangat adikodrati, mempunyai daya kekuatan untuk menarik orang-orang kepada iman dan kepada Allah (KGK 2044) 



kirimkanlah ke
pengagum.pengikut@gmail.com