Rabu, 21 Oktober 2015

00.51 -

Sekilas Info Detoks

Semakin tua semakin loyo? Hal ini akan tidak berlaku dalam hidup kita bila kita mau melihat kebenaran-kebenaran yang telah diberikan Allah melalui firman-firman-Nya (lih. [Hos 4:6] Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah). 

Bersyukurlah, karena begitu besar kasih Allah kepada kita, sehingga Dia memberikan Yesus kepada kita sebagai batu penjuru (titik pusat penting yang menghubungkan antaramanusia rohani’ dan manusiajasmani’) sehingga kita beroleh kasih karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga.

Menjadi kuat secara jasmani, penting untuk tetap kuat secara rohani.

Seringkali dalam menjalani kehidupan yang super sibuk ini, kita sangat mudah mengabaikan kesehatan dalam waktu yang lama. Sehingga tanpa sadar, dalam keadaan stres, mungkin kita juga akan mengalah pada kebiasaan buruk

Misalnya: merokok, minum-minuman beralkohol terlalu banyak, makan terlalu banyak, atau sebaliknya, lupa berolah raga, dan kurang tidur; mengikuti pola makan “berciri Barat” (daging merah, daging olahan, kentang goreng, produk-produk susu tinggi lemak, padi-padian yang diproses, makanan manis, dan pencuci mulut). 

Meneruskan pilihan yang tidak benar ini akan menyebabkan keracunan yang berasal dari dalam tubuh sendiri, sehingga kita lebih mudah terserang penyakit

Padahal Allah telah memberikan makanan yang bijaksana, yaitu: segala tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang berbiji (Kej 1:29), sumber protein dan lemak baik yang sangat bagus (mengandung gizi komplex) untuk diproses dengan baik di dalam tubuh.

Tulang belakang berfungsi sebagai penjuru dalam tubuh kita. Gaya gravitasi yang terus-menerus dan tiada henti menekan tubuh kita dari kepala hingga ke ujung kaki. 

Jika ada salah satu ruas tulang belakang yang mengalami pergeseran karena postur tubuh yang buruk, cidera dan stres, maka hal ini mengurangi aliran kehidupan atau tenaga dari otak ke sel-sel jaringan tubuh - jaringan apa pun yang penuh dengan urat syaraf akan berhenti bekerja 100%. 

Jadi posisi tubuh kita pada waktu duduk atau berdiri harus dalam keadaan tegak lurus

Cara memperbaiki sikap tubuh dan kekuatan punggung

- Ketika kita berdiri, kita saling mengaitkan ke dua tangan di bagian belakang pinggang, posisi istirahat di tempat dalam baris-berbaris. 

- Berdiri di tengah-tengah ambang pintu. Angkat tangan setinggi bahu/lebih tinggi, letakkan telapak tangan menyentuh jepitan pintu dan condongkan tubuh ke ambang pintu. Bertahanlah pada posisi ini selama 5 detik, lalu kembalilah ke posisi semula. Lakukanlah latihan ini 3 set setiap hari, masing-masing 15 kali. 

- Latihan bola. Gunakan bola latihan besar, berbaringlah telentang dengan punggung melengkung di atas bola selama 3-5 menit setiap hari. Mulailah perlahan-lahan. 

Selain itu kita sering tidak mengamalkan pengampunan, sehingga perasaan kepahitan tersebut dapat menghancurkan tubuh kita dalam waktu yang sangat singkat - menghentikan hati untuk menyelesaikan tugasnya melakukan detoksifikasi

Hati yang berfungsi secara optimal mengurangi kemarahan ketika orang tertekan

Gangguan emosi dapat mengurangi keluarnya cairan yang membantu pencernaan alami ini sehingga menyebabkan penyerapan yang tidak sempurna (makan, tetapi tidak bermanfaat). 

Sebagian kecil cara mengatasi detoks (proses pembuangan racun dari tubuh): 

- Rutin minum air putih (lih. Pesan penting untuk kesehatan anda). Lebih baik minum air RO (proses osmosis terbalik, suatu metode untuk menghasilkan air murni dengan menyaring air tidak murni melalui membran semi permeabel). 

Perawatan/terapi dengan menggunakan air. Air dapat membantu membersihkan pikiran negatif, menjernihkan emosi atau perasaan yang mengganggu. 

Misalnya: Hidroterapi (air dalam keadaan mengalir); Talasoterapi (menggunakan air laut dan mineral); olahraga dalam air (misalnya: berenang, berlayar, berarum jeram, selancar angin, menyelam, berjalan di tepi pantai). 

- Mengganti cara dan pola makan yang salah (lih. Sekilas info filsafat vegetaris). 

Kunyahlah makanan perlahan-lahan. Ini akan mengurangi jumlah kerja yang harus dilakukan usus dan pankreas. Menyantap makanan dengan cepat dan rakus akan mengakibatkan gangguan pencernaan dan menghambat fungsi hati. Karena hati dan pankreas menambahkan cairan empedu dan enzim pada makanan yang dikunyah

- Jangan minum air/kaldu terlalu banyak ketika makankarena cairan ini akan membilas cairan lambung yang bermanfaat bagi proses pencernaan; asam pencernaan berkurang, menghasilkan pencernaan yang buruk. 

- Jangan makan buah setelah makanmenyebabkan lambatnya/tertundanya pencernaan dan fermentasi. Fermentasi dari makanan yang tidak tercerna di lingkungan gelap dan hangat (di dalam perut) menghasilkan gas beracun, kotoran berbau busuk, bahkan bisa menghasilkan alkohol

- Jangan mengombinasikan protein (daging memerlukan asam untuk mencerna) bersama dengan kabohidrat (roti memerlukan basa). 

Menggabungkan keduanya bisa menghentikan/memperlambat pencernaan. Ketika pencernaan berhenti, pembusukan dimulai, dan kita merasa sakit

- Melakukan puasa pada waktu-waktu tertentu - membantu mengistirahatkan alat pencernaan makanan (lih. Puasa ). 

- Berolah raga secara teratur - menstimulasi oksigen; meningkatkan pergerakan dan pembersihan cairan dan racun; bermanfaat untuk meningkatkan energi dan kemampuan berpikir, memunculkan hormon senang (endorfin) menciptakan suasana tenang, tidak gelisah lagi, mengurangi depresi tanpa memerlukan pengobatan; memperbaiki postur tubuh agar berotot dan kuat. Misalnya: berjalan kaki selama 30 menit. 

- Meditasi setiap hari (lih.Meditasi itu kebutuhan ). 

- Terapi tawa (lih. Hidup penuh keceriaan). 

Ketika tertawa, reaksi dalam tubuh didorong dengan keluarnya oksida nitrit, yang membuat pembuluh darah mengendur - pembuluh darah lancar memacu aliran darah. Sehingga darah tersebut dapat membawa zat-zat gizi penting dan oksigen ke sel-sel jaringan tubuh. Tekanan mental menyebabkan pembuluh darah terhambat atau mendapatkan lebih sedikit aliran darah

- Tidur pulas. Ketika tidur, tubuh mempunyai kesempatan untuk melakukan semua perbaikan organ dan jaringan tubuh

Waktu di mana tubuh kita melakukan proses detoxin

Pukul 21.00 – 23.00: di bagian sistem anti bodi kelenjar getah bening; harus dalam suasana yang tenang atau mendengarkan musik, bukan suara hiruk-pikuk. 

Pukul 23.00 – 01.00: di bagian hati dan sumsum tulang belakang mulai memproduksi darah; harus dalam kondisi tidur pulas. 

Pukul 01.00 – 03.00: di bagian empedu; harus dalam kondisi tidur pulas. 

Pukul 03.00 – 05.00: di bagian paru-paru. Pada masa ini tidak perlu minum obat batuk agar jangan mengganggu proses pembersihan. 

Pukul 05.00 – 07.00: di bagian usus besar; karenanya harus buang air besar. 

Tetapi hukum alam ini tidak berlaku jika kita mempersembahkan waktu itu untuk Tuhan

- Perawatan spa/pijat/kerokan

Jika organ tubuh ... lemah, maka aliran kehidupan tersembunyi di ... 

Paru-paru dan jantung – di lipat siku. 
Hati – di bawah ketiak. 
Ginjal – di lipat lutut. 
Limpa – di lipat paha. 

Selain itu dapat juga dilihat dari jaringan payudara. Jika jaringan itu sehat, maka fungsi pencernaan dan detoksifikasi dapat berlangsung dengan baik

- Menghindari emosi yang negatif (lih. Emosi yang mematikan}.

Tidak semua adalah baik bagi setiap orang. Banyak orang mati karena rakus, sedangkan orang yang menjaga dirinya memperpanjang umur. Periksalah dirimu mengenai cara hidupmu, perhatikanlah apa yang buruk bagimu, lalu jangan kaubiarkan terus (Sir 37:27-31).

(Sumber: Warta KPI TL No. 53/IX/2008; Sehat tanpa obat, Dr. Robert Demaria; 50 rahasia alami detoks, Tracey Kelly; Water Detox, Jane Scrivner; Kejadianku dahsyat dan ajaib!, Mansor November 2004 No. 80 Tahun VII; Tusuk jarum, B.U. Hadikusumo).

Artikel terkait