Senin, 26 Oktober 2015

Dibentuk Untuk Melayani

Allah ingin kita menemukan, memakai dan mengembangkan “SHAPE” kita untuk kepentingan Kerajaan-Nya dan untuk menolong sesama kita. Itulah pelayanan sesungguhnya!

Tiap-tiap orang mempunyai kelima SHAPE yang unik:

S - piritual GiftsKarunia-karunia Rohani

Allah memperlengkapi setiap orang percaya dengan karunia rohani tertentu agar ia dapat berfungsi di dalam tubuh Kristus.

Pentingnya kita mengerti bahwa setiap orang Kristen mempunyai karunia-karunia yang berbeda adalah: agar tidak saling iri hati/tidak menuntut orang lain untuk melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan dirinya.

H - eart - hati

Hati mengungkapkan diri kita yang sebenarnya – menentukan mengapa kita mengatakan/melakukan ini dan itu, dan bagaimana kita merasakannya. 

Hati setiap orang berbeda sebagaimana karunia-karunia rohani berbeda. Namun karena Tuhan sudah memperbaharui hati kita ketika kita percaya kepada-Nya, maka kita harus mempersembahkan hati yang baru itu kepada-Nya dengan cara: 

Bekerja dan melayani dengan sepenuh hati (Ef 6:6; Kol 3:23).
Bekerja dan melayani dengan hati yang antusias (Rm 12:11).
Lakukan segala pekerjaan dan pelayanan kita dengan hati yang penuh kasih (1 Kor 16:14). 

Seperti air mencerminkan wajah,
demikianlah 
hati manusia mencerminkan manusia itu
(Ams 27:19)

A - bilitiesKemampuan-kemampuan

Kita lahir dengan membawa kemampuan lahiriah/talenta khusus. Ada yang mempunyai kemampuan di bidang musik, tari, ada juga yang mempunyai talenta untuk mencari uang (Ul 8:18) dll - berasal dari Tuhan.

Jika engkau …
lakukanlah semuanya itu
untuk kemuliaan Allah
(1 Kor 10:31)

P - ersonalityKepribadian

Kepribadian setiap orang berbeda satu sama lainnya. Ada orang yang introvert/extrovert; ada yang pakai logika/perasaan; ada yang suka mandiri/berkelompok; ada yang suka rutinitas/menyukai perubahan. 

Tuhan bisa memakai kepribadian saudara untuk memantulkan kemuliaan-Nya.

E - xperiencesPengalaman-pengalaman

Tuhan memakai pengalaman-pengalaman kita, khususnya pengalaman yang tidak mengenakkan, yang menyakitkan guna membantu orang-orang yang mengalami hal yang sama agar mereka dapat melewatinya dengan baik. 

Sedikitnya ada enam pengalaman yang bisa kita teliti agar dapat dipergunakan untuk kemuliaan-Nya:

1. Pengalaman dalam keluarga.
2. Pengalaman pendidikan.
3. Pengalaman kerja.
4. Pengalaman rohani.
5. Pengalaman pelayanan.
6. Pengalaman pahit: masalah, akar kepahitan dll.

Tiga langkah penting untuk menggunakan SHAPE saudara!

1.Temukan shape saudara - karunia, kemampuan dan kepribadian saudara:

Pikirkan dalam-dalam secara jujur, apa yang saudara bisa kerjakan/apa yang tidak bisa lakukan (lihat hobi, kesukaan dan minat saudara).

Apa saudara merasa senang dan cocok dengan pekerjaan yang saudara kerjakan?

Ber-eksperimenlah agar ketahuan apa karunia saudara. Belajarlah menyanyi, mengajar, memimpin dll. Jika saudara gagal itu bukan karunia saudara.

Tanyakan kepada orang lain, apa karunia saudara menurut mereka? Biasanya orang lain akan segera mengetahui.

2. Terima dan nikmati shape saudara!

Kita semua memiliki kemampuan yang berbeda dan unik. Kita harus menerimanya dengan bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kita sedemikian rupa. 

Jika kita mempunyai karunia mengajar, terimalah dan nikmatilah karunia itu. Persiapkanlah dengan sebaik-baiknya pelajaran saudara dan berikan dengan sejelas-jelasnya sehingga tubuh Kristus diberkati.

3. Kembangkan shape saudara!

Mengembangkan shape kita bukan berarti bergonta-ganti pelayanan dari penyanyi, jadi pengkotbah dll. 

Hal ini mungkin saja dilakukan jika kita sedang dalam tahap mencari karunia tetapi setelah kita menemukan karunia kita, kita harus setia untuk menggunakannya dan mengembangkannya.

(Sumber: Warta KPI TL No. 29/IX/2006 » Dibentuk Untuk Melayani, Mansor September 2005 No. 90 Tahun VIII & Oktober 2005 No. 91 Tahun VIII).