Rabu, 12 April 2017

19.20 -

Pengkhianatan dan kasih pengampunan

Ketika saya bertanya keberberapa teman dan orang yang tidak saya kenal : apa Makna Hari Raya Kamis Putih bagi dirimu ?

Sebagaian besar dan hampir 100% menjawab : Makna Kamis Putih yaitu Yesus Mengadakan Perjamuan Terakhir bersama murid murid -Nya.

Betul , memang tidak salah jawaban tersebut, tetapi kalo boleh saya artikan ... Perjamuan Terakhir adalah suatu keadaan atau kondisi dimana Yesus Berkumpul untuk terakhir bersama Murid Murid-Nya sebagai manusia.

Namun ada makna yang jauh lebih penting dan mendalam dalam Kamis Putih .. yaitu sebuah "pengkhiantan" dan "kasih pengampunan.

Mungkin kita sering kali sadar ataupun tanpa sadar disakiti oleh orang orang lain, baik itu dibohongi oleh teman kita, saudara kita, atau mungkin ditipu oleh rekan bisnis kita, uang kita dimakan ratusan Juta atau bahkan milyardan atau yang lebih menyakitkan lagi, kita dikianati oleh suami atau istri kita dalam bentuk perselingkuhan didalam rumah tangga kita.

Gimana rasanya? Pasti semua bilang sakit (sambil menangis dan meneteskan air mata)

Demikian juga dengan Tuhan Yesus yang juga merasa sakit, sedih dan kecewa ketika Dia dikhianati oleh murid-Nya sendiri. tetapi apa yang Yesus lakukan walaupun Dia telah dikhianati .. Dia tetap mengampuni Yudas Iskariot dengan penuh kasih, dengan tindakan nyata yaitu membasuh kaki para murid murid-Nya.

Bagaimana dengan kita? Apakah kita masih mau mengampuni orang yang telah menyakiti hati kita selama ini? Memang terkadang kita tidak bisa mengampni orang lain yang telah menyakiti hati kita.

Tetapi marilah sebelum kita Merayakan dan mengikuti Kamis Putih, kita minta dan mohon kepada Tuhan agar kita dimampukan untuk mengampuni dengan penuh kasih kepada orang yang telah menyakiti kita.

Tuhan Yesus bertanya satu hal kepada saya: "Apakah kamu mau mengampuni orang tersebut, yang telah menyakiti hatimu?"

Saya menjawab : "Ya Tuhan saya mau mengampuni, tetapi saya tidak bisa ..."

Yesus menjawab: "Mau apa tidak? Yang Kuinginkan hanyalah kemauan untuk mengampuni. Bisa atau tidak, biar itu menjadi urusan-Ku, Tuhanmu."

jadi, bersihkanlah hati kita dari segala sakit hati kita sebelum merayakan Kamis Putih, agar senantiasa berkat Tuhan dan kasihnya senantiasa melingkupi kita semua. 

Terkadang sakit hati diijinkan terjadi dalam hidup kita .. agar kita bisa dan boleh mengalami dan merasakan kasih pengampunan.