Jumat, 27 Desember 2019

02.51 -

Rm 13:11-14a

Sarapan Pagi
Agar Jiwa Kita Disegarkan Oleh-Nya


Firman yang tertanam di dalam hatimu,
yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
(Yak 1:21)


Penanggalan liturgi

Minggu, 1 Desember 2019: Hari Minggu Adven I - Tahun A/II (Ungu)
Bacaan: Yes 2:1-5; Mzm 122:1-2, 4-5, 6-7, 8-9; Rm 13:11-14a; Mat 24:37-44


Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa (1) saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya. 

Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang! Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, (2) jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang.


Renungan


1. Kenakanlah senjata terang

(1) Bangunlah, hai kamu yang tidur dan bangkitlah dari antara orang mati dan Kristus akan bercahaya atas kamu (Ef 5:14). Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan (Rm 10:13).

Berjaga-jaga dan sadarlah, karena Allah tidak menetapkan kita untuk ditimpa murka, tetapi untuk beroleh keselamatan oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, yang sudah mati untuk kita, supaya entah kita berjaga-jaga, entah kita tidur, kita hidup bersama-sama dengan Dia (1 Tes 5:5-6, 9-10).

(2) Kita dituntut untuk menanggalkan segala perbuatan kegelapan dan segera mengenakan senjata terang. Mengenakan senjata terang bisa kita lakukan karena Kristus ada dalam diri kita. Senjata terang, perbuatan baik kita membuat kita pantas saat kedatangan Yesus di waktu yang tidak bisa kita duga itu.