Senin, 20 Mei 2019

Sulit bukan berarti tidak bisa



Harold Russell adalah seorang prajurit AS yang mengalami kecelakaan saat perang dunia II. Kecelakaan itu membuat Russell kehilangan kakinya. Awalnya Russell putus asa, merasa jadi orang gagal dan kehilangan semangat hidup.

Saat keluar rumah sakit, atasannya mengatakan sesuatu yg terdengar aneh baginya, "ada satu hal yang harus kamu ingat: Kamu bukanlah orang pincang, tetapi kamu hanya difabel."

Dalam hati ia berkata, "apa bedanya pincang dan difabel?" Namun ketika ia membuka kamus dan mencari arti dua kata itu, terkejutlah ia bahwa dua kata yang sering di anggap sama itu ternyata berbeda jauh.

Pincang artinya tidak dapat melakukan sesuatu dengan sempurna, sedangkan difabel yang merupakan singkatan dari different ability artinya kemampuan melakukan sesuatu dengan cara berbeda.

Memang halangan tersebut cukup menyulitkan, lebih sulit, tapi masih bisa!

Akhirnya Russell justru menjadi bintang Holywood, mendapatkan peran penting dalam film The Best Years of Our Lives, dan memenangkan 2 penghargaan.

Halangan dan tantangan mungkin selalu ada, namun ingatlah bahwa sulit bukan berarti tidak bisaBanyak penderita cacat yang harus berjuang keras untuk bisa bersaing dengan mereka yang normal. Mereka mengalami lebih sulit, tapi masih bisa! Bahkan mereka jauh lebih hebat dari orang normal!

Asalkan ada kemauan, keuletan dan kesungguhan hati, tak ada halangan apapun yang menghentikan kita.

Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga (Ams 12:27).