Kamis, 25 April 2019

00.06 -

Pertolongan pertama


Penangan pertama stroke 


Stroke terjadi ketika pasokan oksigen dan darah ke otak terhenti bisa karena sumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah di otak. Stroke harus segera ditangani. Gejala stroke yaitu bicara pelo, mulut mencong, kelemahan 1 sisi tubuh, wajah turun sebelah dan terasa baal, dll. Apabila ada orang stroke di dekat Anda, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan yaitu:

Bawa pasien ke tempat yang aman

Posisikan orang tersebut dalam keadaan tubuh menghadap ke sisi kiri

Jangan menunda untuk menghubungi atau membawa pasien ke rumah sakit terdekat karena setiap detik yang terbuang sangat berharga bagi penderita stroke. Segera hubungi rumah sakit terdekat dan minta ambulans untuk datang ke lokasi. Atau Anda bisa langsung mengantar orang tersebut ke rumah sakit

Semakin cepat stroke ditangani akan semakin baik pula hasilnya. Penanganan selanjutnya akan dilakukan oleh tim medis di rumah sakit

Adapun mengenai informasi yang banyak beredar mengenai pertolongan pertama stroke dengan menusuk jarum dan memencet agar darah keluar adalah HOAX. Menusuk jari dan telinga ataupun bagian tubuh lain dengan jarum tidak akan menyembuhkan stroke ataupun membuat sumbatan darah menghilang. Penusukan jari dengan jarum pada penderita stroke tidak ada manfaatnya. Penusukan dengan jarum justru bisa menimbulkan resiko infeksi apabila jarum yang dipakai tidak steril. 


8 Tips pertolongan pertama pada orang pingsan


Pingsan dan kehilangan kesadaran bisa jadi tak sering terjadi di sekitar Anda. Namun tiba-tiba pingsan bisa terjadi pada siapa saja, dan bahkan bisa terjadi ketika Anda ada di dekat sang korban.

Jika Anda menemui orang yang tiba-tiba jatuh pingsan, jangan panik! Anda bisa melakukan beberapa pertolongan pertama pada mereka. Melakukan pertama pada orang yang pingsan bisa sangat membantu bagi korban. 

Dr Virya Giri Shankar membagi beberapa tips jika Anda harus menolong orang yang pingsan di sekitar Anda, seperti dilansir oleh Health Me Up (17/01) berikut ini.

1. Percikan air dan bau bawang tak manjur

Salah satu cara yang sering digunakan untuk membangunkan seseorang yang pingsan adalah memercikkan air pada wajah mereka dan memberi mereka bau-bauan seperti bawang putih atau bawang merah. Meski metode ini biasanya bisa digunakan, namun metode semacam ini seringkali gagal membangunkan orang yang pingsan.

2. Topang tubuh mereka

Pingsan adalah tahap akhir dari seseorang yang kehilangan kesadaran. Sebelum orang tersebut benar-benar tak sadarkan diri, biasanya tubuhnya sudah goyah dan dia mulai kehilangan kesadaran sedikit demi sedikit. Saat itu, sebaiknya topang tubuh korban dan letakkan perlahan. Hal ini mencegah cedera yang lebih berat pada kepala atau tubuh korban jika dia benar-benar jatuh saat pingsan.

3. Survei area pingsan

Ketika Anda melihat seseorang yang sudah tergeletak pingsan, segera survei daerah di sekitarnya dengan cepat dan jangan membuang waktu. Bisa jadi mereka pingsan akibat gigitan beracun, gas beracun, panas yang berlebihan, atau ada hal-hal yang membahayakan seperti aliran listrik yang terbuka. Segera pindahkan korban dari tempat tersebut jika terdeteksi adanya bahaya di sekitarnya.

4. Cek respon korban

Sangat [penting untuk melihat apakah korban bisa merespon Anda atau benar-benar pingsan. Coba panggil namanya atau ajukan beberapa pertanyaan. Anda juga bisa menepuk pundaknya beberapa kali. Biasanya orang yang pingsan ada yang langsung sadar setelah beberapa saat. Tenangkan mereka jika mereka sudah mulai merespon. Jangan bangunkan mereka langsung. Biarkan mereka berbaring beberapa saat sebelum memeriksakan mereka ke dokter terdekat.

5. Telepon bantuan dan lakukan CPR

Jika korban tak segera sadar, cek napas dan detak jantungnya. Jika napasnya mulai hilang dan melemah segera telepon bantuan dan lakukan CPR. Namun hanya lakukan langkah ini jika Anda benar-benar telah mahir melakukannya. Jika tidak, segera panggil bantuan atau ambulans.

6. Jangan gerakkan korban

Jika Anda mengetahui adanya tulang patah atau cedera pada bagian leher dan kepala, jangan gerakkan korban. Jangan juga gerakkan bagian kepala korban karena hal ini bisa menyebabkan cedera yang lebih serius. Segera panggil bantuan

Namun jika kepalanya tak mengalami cedera, Anda bisa mengangkat kakinya agar darah mengalir ke jantung dan otak. Hal ini biasanya bisa membuat korban pingsan sadar, namun juga tak selalu berhasil.

7. Jangan bergerombol

Sangat penting untuk memberikan udara segar pada korban yang pingsan. Untuk itu jangan mengerubungi korban pingsan dan bergerombol di sekitarnya. Longgarkan pakaian korban yang terasa sesak. Jangan masukkan apapun pada mulut korban seperti air atau makanan karena ini bisa membuat mereka tersedak dan menghalangi jalan napas mereka.

8. Minuman manis

Ketika orangnya sudah sadar, berikan dia minuman yang manis, misalkan jus buah dan camilan yang asin. Biasanya pingsan disebabkan oleh rendahnya gula darah, kurang garam, dan dehidrasi. Tekanan darah rendah juga bisa menjadi salah satu penyebab pingsan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat membantu orang yang pingsan. Pastikan untuk selalu bersama korban dan menenangkannya hingga pertolongan datang, atau hingga Anda membawanya ke dokter. Anda tak harus menjadi dokter untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Jika Anda mengetahui tips-tips pertolongan pertama, Anda juga bisa membantu orang lain saat diperlukan



Pertolongan pertama tersiram air panas


Apa yang harus dilakukan saat kita tersiram air panas? 

Sebelum kita melakukan pertolongan pertama alangkah baiknya kita mengetahui prinsip pertolongan pertama saat tersiram air panas. yaitu sebagai berikut :
•Mengurangi rasa sakit atau panas akibat tersiram air panas tsb.
•Mencegah Kulit melepuh atau menghindari meluasnya kulit yang melepuh.
•Mencegah resiko infeksi.

Penanganan pertama saat tersiram dapat mencegah kerusakan lebih lanjut bagian tubuh yang tersiram dan juga dapat mencegah bekas luka. Karena bila penanganan yang salah dapat berakibat luka menjadi infeksi dan meninggalkan bekas luka yang sulit di sembuhkan.

Berikutan Pertolongan pertama saat tersiram air panas: 
1. Jangan panik dan tetap tenang
2. Aliri bagian tubuh yang tersiram air panas dengan air mengalir selama 5-10 menit. Bila memungkinkan gunakanlah air matang karena lebih bersih. Kalau terpaksa tidak ada bisa juga digunakan air kran.

3. Setelah di aliri air, keringkan perlahan lahan dan berikan krim antibiotic pada bagian tubuh yang tersiram.

4. Bila daerah yang tersiram air panas kemerahan tanpa melepuh tidak perlu di tutup, Bila melepuh atau lepuhannya sudah pecah berikan krim antibiotik dan tutup dengan kasa steril.

Sedangkan hal hal yang harus di hindari saat tersiram air panas :
1. Menggunakan air es / air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang tersiram air panas, karena malah bisa merusak jaringan.

2. Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena bahan bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi

3. Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.

4. Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah).
Bila area yang tersiram air panas sangat luas segera bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat.


Penanganan terkena cipratan minyak panas dan air panas


Jika Anda mengalami cipratan air panas atau secara tidak sengaja terkena minyak panas dalam skala yang kecil maka Anda bisa melakukan perawatan alami. Beberapa perawatan alami dibawah ini tidak disarankan untuk luka dengan skala area yang luas dan kondisi kritis.

Gunakan Masker Mentimun dan Kentang

Anda bisa mencoba untuk menggunakan mentimun dan kentang. Potong kentang dan mentimun kemudian bersihkan di air yang mengalir. Kemudian campur dengan sedikit air dan hancurkan dengan blender. Setelah itu gunakan masker ini ke bagian luka yang terkena minyak. Mentimun dan kentang akan mendinginkan luka dan mengurangi infeksi akibat peradangan.

Gunakan Masker Stroberi dan Tomat

Jika Anda memiliki stroberi dan tomat maka bisa digunakan dengan mengolahnya menjadi masker. Ambil beberapa buah stroberi dan tomat kemudian hancurkan dengan blender. Setelah itu oleskan pada bagian yang luka. Stroberi dan tomat mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bisa membantu mengurangi infeksi dan mencegah peradangan. Bahkan masker ini juga bisa mencegah bekas pada kulit.

Gunakan Gel Lidah Buaya

Jika Anda memiliki tanaman lidah buaya, maka juga bisa digunakan untuk mengobati luka akibat terkena minyak panas. Anda bisa mengambil beberapa batang lidah buaya kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu ambil gel nya dengan mengupas kulit lidah buaya. Gunakan gel langsung pada bagian yang terluka. Gel lidah buaya akan membantu mengurangi resiko pembengkakan dan membuat luka cepat sembuh.

Gunakan Air Perasan Jeruk Nipis

Anda juga bisa menyembuhkan luka akibat minyak panas dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Cara ini sangat mudah dilakukan. Anda cukup mengambil jeruk nipis yang sudah dibersihkan kemudian belah menjadi dua bagian. Setelah itu perasa dan ambil airnya. Gunakan airnya secara langsung pada bagian luka. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang bisa membuat luka cepat pulih. Namun biasanya banyak yang tidak tahan karena akan terasa perih pada luka.

Hal yang dilarang ketika terkena minyak panas

Jangan pernah memberikan es batu secara langsung ke bagian kulit yang terkena minyak panas. Es yang sangat dingin bisa menyebabkan peradangan pada kulit. Bahkan bisa menyebabkan pembengkakan yang membuat luka sulit untuk sembuh.

Jangan menekan bagian luka terkena minyak panas. Tekanan bisa menyebabkan pembengkakan sehingga sulit untuk disembuhkan.

Jangan menerapkan krim untuk luka bakar sebelum luka direndam dengan air dingin. Hal ini bisa menyebabkan infeksi yang parah.

Hindari bagian luka yang terkena minyak panas terkena beberapa produk kosmetik seperti bedak atau pelembab. Produk kosmetik mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan infeksi dan membuat luka semakin membutuk.

Jika luka akibat terkena minyak panas membengkak, maka jangan menekan atau mengeluarkan cairan di dalamnya. Sebaiknya Anda harus menunggu hingga luka sembuh dan mengering secara alami. 

Jangan menusuk dengan jarum atau benda tajam apapun pada bagian luka akibat minyak panas karena bisa menyebabkan infeksi.

Jangan berendam dengan air panas atau sauna ketika memiliki luka terkena minyak panas. Hal ini akan meningkatkan rasa panas pada luka dan membuat luka sulit untuk pulih.

Dampak terkena minyak panas

Minyak panas yang mengenai kulit bisa menyebabkan pembengkakan seperti balon pada kulit. Jika tidak diobati dengan baik maka bisa meninggalkan bekas seperti bercak hitam atau merah.

Terkena minyak panas juga bisa meninggalkan bekas pada kulit seperti jaringan parut dan bentuk yang tidak menyenangkan.

Sering terkena minyak panas bisa menyebabkan rasa tidak percaya diri sehinga sulit untuk tampil ketika menggunakan pakaian yang terbuka.

Terkena minyak panas pada skala yang berat atau area yang luas bisa menyebabkan kerusakan syaraf dan bentuk kulit.

Mengingat dampak yang sangat buruk jika terkena minyak panas maka sebaiknya Anda harus bersikap hati-hati ketika memasak. Selain itu jika terkena minyak panas maka segera melakukan pertolongan pertama. Hindari bersikap panik karena bisa menyebabkan luka terlambat untuk ditolong.



Penanganan terkena knalpot panas


Kejadian kena knalpot saat mesin menyala atau knalpot sedang panas tentunya sering terjadi. daerah yang biasanya terkena adalah bagian kaki. Ketika terkena knalpot akan menimbulkan luka bakar pada daerah kulit yang terkena.

Berdasarkan kedalaman luka kulit yang terkena knalpot sama dengan luka bakar, dan dapat kita bagi menjadi 3 :

Derajat 1

Daerah kulit yang terkena panas knalpot hanya bagian luar dari kulit (epidermis). Kulit nampak kemerahan yang disertai rasa nyeri, dan tidak melepuh (bula). Tanpa penanganan pun biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-5 hari dan biasanya tidak menimbulkan bekas.

Derajat 2

Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan lebih dalam dari derajat satu yaitu mengenai lapisan kulit epidermis dan dermis. Luka berwarna kemerahan dan tampak pucat disertai kulit melepuh (Bula). Nyeri yang di timbulkan juga lebih sakit dibandingkan derajat satu.

Derajat 3

Daerah yang terkena panas knalpot mengalami kerusakan sangat dalam. mulai dermis epidermis dan subkutis mengalami kerusakan. daerah yang terkena sudah tidak melepuh lagi tetapi mengelupas. dan nyeri yang di timbulkan malahan tidak seberapa karena sel sel syaraf mengalami kerusakan.

Penanganan luka terkena knalpot:

Jangan panik dan tetap tenang

Secepat mungkin menyiram air mengalir selama 5-10 menit. Bila memungkinkan gunakanlah air matang karena lebih bersih. Kalau terpaksa tidak ada bisa juga digunakan air keran pada daerah yang terkena knalpot. Hal ini akan mengurangi nyeri dan mencegah meluasnya area kulit yang rusak seperti pernah di bahas sebelumnya pada Penanganan Pertama Terkena Air Panas

Bila kulit yang terkena mengalami kerusakan derajat dua. usahakan lepuhan kulit jangan sampai pecah. bila sudah terlanjur pecah berikan obat untuk mencegah infeksi dan tutup luka dengan kasa steril. Obat yang digunakan sepert Supratulle®, daryantulle®, bioplacenton tulle® dan yang lainnya

Bila kerusakan kulit pada derajat tiga segera tutup dengan kasa steril kemudian bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat

Sedangkan hal hal yang harus di hindari saat terkena knalpot:

Menggunakan air es / air dingin dari lemari es untuk menyiram area yang terkena knalpot, karena malah bisa merusak jaringan.

Mengoleskan pasta gigi, mentega, mentega, minyak, kecap, dan yang lainnya. Karena bahan bahan tersebut akan meningkatkan resiko infeksi

Memecahkan gelembung kulit yang timbul. Luka yang menggelembung merupakan proses pertahanan tubuh dan proses penyembuhan luka jadi tidak perlu di khawatirkan.

Membalut luka dengan kapas (bila kulit yang melepuh pecah).


Pertolongan pertama pada korban keracunan


Keracunan makanan sangat mudah terjadi apabila tidak cermat dalam menyimpan ataupun memasak makanan. Selain itu, bahan-bahan rumah tangga seperti pembersih atau deterjen juga mengandung bahan kimia yang berbahaya apabila tertelan. Untuk itu, korban keracunan perlu mendapatkan penanganan segera.

Segera hubungi paramedis atau bawa korban ke rumah sakit terdekat. Sertakan pula informasi mengenai usia, jenis racun yang tertelan, berapa banyak racun yang tertelan, kapan peristiwanya terjadi, korban mengalami muntah atau tidak dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membawa korban ke rumah saki

Penanganan darurat yang bisa diberikan kepada korban keracunan antara lain:

1. Kurangi kadar racun yang masih ada di dalam lambung dengan memberi korban minum air putih atau susu sesegera mungkin. Jangan beri jus buah atau asam cuka untuk menetralkan racun.

2. Usahakan untuk mengeluarkan racun dengan merangsang korban untuk muntah.

3. Usahakan korban untuk muntah dengan wajah menghadap ke bawah dengan kepala menunduk lebih rendah dari badannya agar tak tersedak.

4. Bawa segera ke ruang gawat darurat rumah sakit terdekat.

5. Jangan memberi minuman atau berusaha memuntahkan isi perut korban bila ia dalam keadaan pingsan. Jangan berusaha memuntahkannya jika tidak tahu racun apa yang ditelan.

6. Jangan berusaha memuntahkan korban bila menelan bahan-bahan seperti pembersih toilet, cairan antikarat, cairan pemutih, sabun cuci, bensin, minyak tanah, tiner serta cairan pemantik api.

Zat asam akan menyebabkan kerusakan lebih parah pada lambung atau esofagusnya jika dimuntahkan. Sedangkan produk BBM yang dimuntahkan dapat masuk ke paru-paru dan menyebabkan pneumonia.



Saat Anda sedang membersihkan gudang rumah tanpa disengaja Anda mendapatkan luka akibat tertusuk paku atau benda tajam lainnya. Darah yang keluar biasanya akan membuat Anda panik. Untuk mengatasi luka ini, berikut hal-hal yang harus Anda lakukan:

Cabut dan cuci luka 

Hal pertama saat tertusuk paku atau benda tajam lainnya adalah segera mencabut paku tersebut secara perlahan-lahan. Lalu cuci bagian luka menggunakan air bersih yang mengalir. Mencuci luka akan menghindarkan Anda dari bahaya infeksi yang mungkin saja ditimbulkan akibat tusukkan paku tersebut.

Hentikan perdarahan

Untuk menghentikan darah yang terus menerus keluar bisa dilakukan dengan cara menekan luka secara perlahan menggunakan kain bersih atau kain kasa bersih. Tekan selama beberapa menit hingga darah berhenti.

Bersihkan luka

Setelah darah berhenti keluar, bersihkan kembali luka tertusuk paku untuk menghilangkan partikel-partikel kuman yang bisa saja tertinggal. Anda bisa membersihkan luka menggunakan air bersih yang mengalir.

Gunakan antibiotik

Oleskan tipis krim antibiotik atau salep (Neosporin Polysporin) pada luka. Anda juga bisa mengonsumsi obat antibiotik secara oral. Hanya saja hal ini harus sesuai dengan saran dokter. Penggunaan salep pada beberapa orang bisa menyebabkan ruam ringan. Bila hal ini terjadi, hentikan penggunaan salep dan segera hubungi dokter.

Tutup luka

Setelah dibersihkan dan darah mulai berhenti, tutup luka menggunakan perban. Menutup luka berfungsi untuk menjaga luka tetap bersih dan terhindar dari bahaya bakteri dari luar. Jangan lupa untuk rutin mengganti perban Anda setidaknya sehari sekali ketika perban sudah basah atau kotor.

Perhatikan luka

Perhatikan tanda-tanda infeksi yang terjadi pada luka, seperti timbul kemerahan, rasa nyeri berlebihan, bengkak atau timbul nanah. Jika hal tersebut terjadi, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Mintalah suntikan tetanus pada dokter jika memang diperlukan.



Pertolongan pertama saat digigit anjing


Jika Anda, atau orang lain yang Anda kenal digigit anjing, kemungkinan besar akan menjadi gigitan kecil yang bisa dirawat di rumah dengan mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini:

Segera bersihkan luka yang sehabis digigit. Caranya, bilas dengan air hangat selama beberapa menit dengan kain bersih atau bola kapas.

Jika luka digigit anjing belum berdarah, pegang luka dengan lembut agar mengeluarkan darah, yang akan berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke luka.

Berikan obat pereda rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Setelahnya, Anda bisa mengoleskan salep antibiotik pada luka. Keringkan sebentar, lalu bungkus dengan perban atau kain kasa bersih.

Karena bisa berisiko infeksi, National Health Service juga merekomendasikan untuk meminta bantuan medis, setelah Anda tergigit oleh anjing

Ciri-ciri infeksi setelah digigit anjing

Jika Anda mecurigai bahwa diri Anda terinfeksi, segera dapatkan bantuan medis ke klinik, puskemas atau rumah sakit terdekat. Kadang-kadang gigitan hewan yang terinfeksi dapat menyebabkan keracunan darah (sepsis), infeksi lapisan dalam jantung (endokarditis) atau infeksi lapisan luar otak (meningitis). Berikut ini merupakan tanda-tanda tubuh yang menunjukkan adanya infeksi:

Luka gigitan anjing terasa lebih sakit dari pertama kali

Luka jadi merah dan bengkak di sekitar gigitan

Keluar cairan atau nanah dari luka gigitan

Mengalami demam dengan suhu 38 ° C atau lebih, dan kondisi tubuh menggigil

Ciri-ciri anjing mau menggigit

Sebelum tergigit oleh anjing, ada baiknya Anda harus waspada dan memerhatikan tanda-tanda anjing akan menggigit. Di awal, mungkin anjing akan memberikan sinyal yang mengisyaratkan bahwa anjing tersebut tidak mau diganggu. Salah satu gerak-geriknya termasuk menjilati bibir, menguap, dan memutar kepalanya. Perhatikan juga gerakan anjing berikut ini:

Anjing akan memperlihatkan gigi-giginya sambil menatap Anda

Rambut di bagian punggung anjing akan naik berdiri

Telinga anjing akan bergerak mundur melawan kepala atau ke depan

Kaki anjing akan menegang

Jika Anda berpikir seekor anjing akan menggigit Anda, baiknya jangan lari, melainkan tetap tenang. Jika bisa, cobalah untuk mendapatkan sesuatu (biasanya batu) antara Anda dan anjing. Posisikan tubuh untuk berdiri tegak dengan kedua kakimu, dan buat lengan menempel di sambil membuat tinju yang mengarah pada anjing. Jangan melihat langsung mata anjing, karena ini akan ditafsirkan sebagai tanda bahwa Anda akan menyerang, maka tatap ke bawah atau ke sisi lain anjing.

Dengan berdiri diam, anjing akan kehilangan minat menggigit, dan Anda mungkin bisa mundur perlahan.



Penanganan jika digigit ular


Jika Anda digigit ular lakukan hal-hal berikut sebagai pertolongan pertama pada gigitan ular :

Tetap tenang. Diamkan lengan atau kaki yang digigit ular, dan jangan banyak gerak agar racun ular tidak menyebar

. Lepaskan semua perhiasan yang menempel dibadan seperti, cincin, gelang, kalung, dsb. sebelum terjadi pembengkakan, karena kalau sudah terlanjur bengkak akan sulit melepaskannya.

Posisikan diri sebisa mungkin dan usahakan daerah gigitan lebih rendah dari jantung.

Bersihkan luka, tapi jangan siram dengan air, dan tutup dengan kain bersih dan kering.

Gunakan spalk atau bidai untuk mengurangi pergerakan daerah yang terkena, tapi usahakan tetap cukup longgar sehingga tidak membatasi aliran darah. 

Jangan gunakan turniket atau apapun untuk membendung daerah yang terkena gigitan.

Jangan menggunakan es untuk meng-kompres area gigitan ular.

Jangan memotong luka atau mencoba membuang racun. 

Jangan minum kafein ataupun alkohol. 

Jangan mencoba untuk menangkap ular itu, tetapi cobalah untuk mengingat warna dan bentuknya sehingga Anda dapat menggambarkannya sehingga akan membantu dalam perawatan nantinya. 

Anda harus dapat mengenali gigitan ular itu berbisa atau tidak. Ular berbisa memiliki bekas luka gigitan 2 titik. Sedangkan ular yang tidak berbisa biasanya meninggalkan bekas luka gigitan berbentuk huruf U dengan jumlah luka yang banyak. Warna kulit ular berbisa biasanya terang dan mengkilap. Selain ciri-ciri tersebut gigitan ular berbisa biasanya disertai rasa nyeri dan perubahan warna pada lokasi gigitan dalam beberapa saat setelah digigit. Jika Anda ragu atau tidak dapat mengenali jenis ular apakah berbisa atau tidak, anggap saja ular tersebut berbisa kemudian segera pergi ke Unit Gawat Darurat (UGD) khususnya jika area yang terkena gigitan berubah warna, bengkak, dan nyeri.



Sekilas tentang kalajengking


Kalajengking adalah sekelompok hewan beruas dengan delapan kaki (oktopoda) yang termasuk dalam ordo Scorpiones dalam kelas Arachnida. Kalajengking masih berkerabat dengan ketonggeng, laba-laba, tungau, dan caplak. Ada sekitar 2000 jenis kalajengking. Mereka banyak ditemukan selatan dari 49° U, kecuali Selandia Baru dan Antarktika (Wikipedia).

Semua spesies kalajengking berbisa. Jenis racunnya adalah neurotoksin (racun syaraf. ada satu jenis kalajengking berbisa sitotksi (racun sel), namun tak ada di Indonesia. Sengatan kalajengking tidak berbahaya, hanya memberikan efel lokal di area yang disengat (rasa sakit, panas, nyeri dan bengkak. 

Ada 4 level sengatan kalajengking yang perlu kita ketahui agar bisa menangani dengan cepat. Saya mengambil informasi tips aman hadapi sengatan kalajengking dari Brilio:

1. Level 1, ukurannya lebih kecil, badan agak gemuk, warna coklat, spesies Liocheles Sp. Racun kalajengking jenis ini tidak berbahaya, 

2. Level 2, spesies Heterometrus Sp; ukuran lebih besar, warna hitam. Efek racunnya adalah panas, gatal-gatal dan bisa terjadi alergi jika terjadi pada 

3. Level 3, Lychas mucronatus yang berwarna kuning. Kalajengking ini lebih berbahaya karena bisa menyebabkan demam 1-2 hari

4. Level 4 atau spesies Lychas mucronatus, yang racunnya bisa mematikan. Berita baiknya, spesies ini tidak ada di Indonesia.

Sekadar informasi, kalajengking yang ada di Indonesia adalah spesies 1, 2 dan 3. 

Bagaimana rasanya ketika disengat kalajengking dan pertolongannya? 

4 cara pertolongan pertama saat disengat kalajengking

1. harus tenang. Jika panik, racun akan lebih cepat menyebar.

2. mencuci bagian yang disengat kalajengking dengan sabun dan air mengalir, gosok pelan di sekitar sengatan. Hasilnya rasa nyeri sangat berkurang, namun rasa panas menyebar ke bagian yang terkena gosok.

3. minum susu putih (untuk pertumbuhan Destin dan Binbin), hangat-hangat, jika ada efek racun, akan terminimalisir. Baiknya minum air kelapa muda, sih.

4. mengoles bagian yang panas dengan Nutrimoist CNI yang mampu menyerap panas pada kulit akibat luka bakar, melepuh atau bengkak akibat sengatan serangga. 

Efek racun kalajengking sangat berpengaruh pada berat badan seseorang. Semakin besar, efeknya semakin samar. Jika melihat ciri fisiknya, yaitu kalajengking muda, berwarna kuning, dengan tubuh lebih ramping, kelihatannya jenis spesies Lychas mucronatus yang berada di level 3. Efek samping yang dirasakan adalah leher kepala agak kaku dan badan sedikit demam. melanjutkan P3K-nya dengan:

5. Minum obat anthistamin atau acetaminophen. 


 Penanganan jika di sengat kelabang


Kelabang yang sering disebut sebagai lipan atau kaki seribu adalah serangga kecil yang cukup ditakuti oleh kebanyakan masyarakat. Satu yang perlu diperhatikan adalah bahaya gigitan lipan dapat mengakibatkan rasa nyeri yang terasa sampai beberapa jam tapi ada juga yang sampai berhari hari. Rasanya nyut nyut nyut yang dapat membuat korban frustasi.

Setelah digigit kelabang akan muncul bengkak dan beberapa gejala. Sebenarnya racun (venom) dari kelabang sendiri itu cukup lemah (lebih lemah dari kalajengking) dan tidak sampai menyebabkan kematian, namun terkadang ketakutan si korban bisa memperparah keadaan. Terus apa obat digigit lipan?

Jika sudah tergigit usahakan tetap tenang, gejala berat seperti detak jantung meningkat, mual dan pusing biasanya bisa terjadi jika anda terlalu takut dan panik. Faktanya gigitan lipan itu sangat pendek sehingga racun tidak akan masuk ke dalam pembuluh darah. Racun dari lipan hanya berpengaruh di sekitar gigitan saja. Ya mirip dientup tawon ndas ataupun semut yang gede. 

Kita dapat menggunakan beberapa obat-obatan yang dapat dibeli di apotik terdekat. Berikut ini adalah langkah langkahnya.

Setelah digigit, segera cuci kulit bekas gigitan dengan menggunakan air dan cairan antiseptik. Cukup cuci bagian luar saja, jangan menekan nekan luka karena ditakutkan malah infeksi.

Minumlah obat pengurang rasa nyeri.

Walaupun sudah diobati, bengkak akibat racun lipan pasti tetap akan muncul. Saat ini terjadi segera kompres menggunakan es.

Biasanya bengkak dan nyeri juga disertai dengan gatal akan muncul di sekitar gigitan. Usahakan jangan digaruk, oleskan saja salep.

Perbanyak minum air supaya metabolisme tubuh makin lancar. Perlahan gejala tersebut akan berkurang dan akhirnya sembuh dengan sendirinya.

Cara mengatasi gigitan lipan di atas dapat digunakan sebagai pertolongan pertama dan dapat mengobati gejala pada orang normal. Pada orang yang hiper sensitif pada gigitan serangga mungkin dibutuhkan bantuan penanganan khusus dari tenaga medis.

Cara mengobati digigit lipan secara tradisional

Masyarakat Indonesia terkenal memiliki berbagai macam ramuan tradisional yang dapat digunakan sebagai obat, salah satunya adalah mengatasi gigitan lipan.

Berikut adalah beberapa cara tradisional yang dapat anda lalukan setelah mencuci tangan dengan air bersih dan antiseptik. Pilih salah satu

Oleskan minyak tawon pada daerah gigitan, hangat hangatnya minyak dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi. Minumlah air kelapa sebagai penawar racun kelabang.

Orang Banjar mengatasi digigit kelabang dengan menggunakan otak dari hewan itu sendiri. Caranya ambillah bagian otak lalu tumbuk sampai halus. Oleskan ramuan tersebut pada bagian yang tergigit.

Cara lain adalah dengan memanfaatkan biji asam jawa, kumpulkan biji lalu tumbuk sampai menjadi serbuk dan buang kulit biji. Lalu taburkan pada daerah yang digigit kelabang.

Kebanyakan kelabang tidak akan menggigit jika kita tidak menganggunya terlebih dahulu, mereka cuma numpang mencari makan di rumah anda. Oleh karena itu saat ingin membunuh kelabang, usahakan anda melakukan serangan 1-hit Kill (sekali pukul langsung mati). Hal ini dilakukan agar si binatang kaki seribu tidak punya kesempatan menyerang balik. Incar kepalanya.

Jaga kebersihan rumah anda agar para kelabang tidak berkunjung. Pada dasarnya lipan sangat menyukai tempat yang lembab dan kotor.

Pertolongan pertama jika tersengat lebah


Sengatan lebah perlu segera ditangani dengan pertolongan pertama. Berikut ini bisa menjadi langkah-langkah yang dapat dilakukan:

Segera cabut bekas sengatan

Saat menyengat, biasanya lebah meninggalkan sengatnya tetap menancap. Meskipun terasa sakit, Anda harus segera mendorong keluar sengat tersebut dengan menggunakan benda-benda yang permukaannya pipih dan keras, misalnya kartu ATM. Hindari menekan atau menjepit sengat, sebab akan membuat racun dari dalam sengat menyebar ke

Cuci bekas sengatan. Cuci hingga bersih bagian yang tersengat dengan menggunakan air bersih yang mengalir.

Kompres dengan air dingin. Setelah sengatan berhasil dicabut, letakkan es batu di handuk kecil atau lap, lalu kompres pada kulit yang bengkak karena tersengat lebah.

Apabila Anda mengalami reaksi yang berat, disarankan segera ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Dokter juga mungkin akan memberikan pengobatan berupa salep antibiotik untuk mencegah infeksi bakteri pada area luka bekas sengatan, serta obat pereda nyeri.

(Sumber: fb)