Selasa, 21 Maret 2017

Cincin



Seorang raja meminta tukang emasnya yang sudah tua renta untuk menuliskan sesuatu di dalam cincinnya. Raja berpesan: “Tuliskanlah sesuatu yang bisa kamu simpulkan dari seluruh pengalaman dan perjalanan hidupmu, supaya itupun bisa menjadi pelajaran untuk hidup saya.”

Berbulan-bulan si tukang emas itu memikirkan apa yang harus ditulis dicincin raja. Setelah berdoa dan berpuasa, akhirnya si tukang emas itupun menyerahkan cincin pada sang raja. 

Meskipun tidak terlalu paham dengan tulisan kecil di cincin itu, raja menerimanya dengan tersenyum. Bunyinya: “This too, will pass.” (dan inipun akan berlalu).

Suatu ketika, tatkala menghadapi persoalan kerajaan yang pelik dan raja membaca tulisan di cincin itu, hatinya menjadi lebih tenang. Dan tatkala ia sedang bersenang-senang, ia pun tak sengaja membaca tulisan di cincin itu lantas ia menjadi rendah hati kembali.

Kalimat ini, kalau direnungkan dengan bijak akan mengantarkan diri kita pada keseimbangan hidup. Tidak ada satupun yang langgeng. Apapun yang sedang kita hadapi, semuanya akan berlalu.

(Sumber: Warta KPI TL No.126/X/2014).