Kamis, 19 November 2015

19.28 -

Memerlukan Kekuatan Baru

Tenaga atau kekuatan adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh setiap makhluk hidup untuk dapat melangsungkan kehidupannya


Misalnya: 

Tumbuh-tumbuhan mempunyai kekuatan yang menunjang pertumbuhannya, pohon yang semakin besar akan ditunjang oleh akar-akarnya yang semakin besar dan kuat. 

Manusia dapat berdiri dan berjalan karena dilengkapi dengan kaki serta sistem kekuatan dari dalam tubuhnya yang mampu mengeluarkan tenaga. Kalau kesehatan tubuhnya terganggu, maka kekuatan fisiknya menjadi menurun sehingga tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Kehidupan manusia secara jasmani selalu ditunjang dengan keadaan fisiknya. Kekuatan fisik dan kondisi kesehatan (stamina), sangat tergantung pada makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Nilai gizi makanan yang baik akan menjadikan tubuhnya selalu sehat dan prima. 

Sebaliknya dengan nilai gizi yang kurang, dapat membuat kesehatan tubuh menjadi menurun.

Di balik kehidupan manusia secara jasmani (yang dapat dilihat oleh mata), manusia mengenal adanya kehidupan rohaniah (yang tidak tampak oleh mata). 

Oleh karena itu, selain memperhatikan kehidupan jasmani, manusia perlu memperhatikan kebutuhan rohaninya. Keseimbangan dalam memperhatikan dua kehidupan itu sangat diperlukan oleh setiap manusia.

Kekuatan yang dapat menunjang nilai rohani adalah nilai iman kepada Tuhan

Pembentukan iman selalu bersumber pada firman Tuhan dan tidak ada sumber lain yang dapat memperkuat iman. 

Hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan ... Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis (Ef 6:10-11)

Kehidupan rohani yang tidak pernah diberi makan tentunya tidak memiliki kekuatan yang dapat menunjangnya untuk berdiri, dan setiap saat dapat terjatuh apabila menghadapi tantangan dan pencobaan yang datang secara tiba-tiba.

(Sumber: Warta KPI TL No. 51/VII/2008; Hidup yang Berarti, Agus Soehono).