Sabtu, 24 Oktober 2015

Santo Dismas



Ketika Maria dan Yusuf bersama Kanak-Kanak Yesus dalam perjalanan pengungsian ke Mesir untuk menghindari rencana pembunuhan oleh Herodes, tiba-tiba mereka didekati dan disapa oleh dua orang penyamun: Titus (Dismas) dan Dumachus (Gestas).

Dismas  mengajak temannya Gestas untuk membantu Maria dan Yusuf dalam perjalanan itu. Menyaksikan kebaikan hati Dismas, Maria berkata: ”Tuhan akan mengangkat engkau dengan tangan kanan-Nya dan memberikan engkau pengampunan atas dosa-dosamu.”

Sedangkan kepada ibu-Nya, Kanak-Kanak Yesus berkata meramal: “Ibu, setelah Aku berusia 30 tahun, orang-orang Yahudi akan menyalibkan Aku di Yerusalem, dan dua penyamun ini akan di salib juga bersama Aku: Titus di sebelah kanan-Ku, dan Dumachus di sebelah kiri-Ku. Dan setelah itu Titus akan masuk bersama-Ku ke dalam Firdaus" (Luk 23:39-43).

Pesta Santo Dismas 23 Maret - penyamun yang disalibkan di sebelah kanan Yesus dan bertobat, dihormati sebagai pelindung orang-orang yang perlu bertobat secara sempurna dan santo pelindung orang yang dihukum  mati.



(Sumber: Warta KPI TL No. 24/IV/2006; Santo Dismas,orang-orang kudus sepanjang tahun – Mgr. Nicolaas Martinus Schneiders CICM).