Minggu, 25 Oktober 2015

03.27 -

Ilmu Katak Tuli

Pada suatu hari ada segerombolan katak-katak kecil yang mengikuti lomba mendaki sebuah menara yang sangat tinggi. Banyak katak yang berkumpul mengelilingi menara itu untuk menyaksikan perlombaan dan juga untuk memberi semangat kepada para peserta. 

Seekor katak dewasa berkomentar: “Itu terlalu sulit, mereka tidak akan pernah sampai ke puncak.” Kemudian terdengar lagi sebuah komentar: “Tidak ada kesempatan untuk berhasil karena menaranya terlalu tinggi.” 



Sebagian katak-katak kecil yang mendengar komentar itu mulai berjatuhan, tetapi masih ada beberapa yang tetap bersemangat dan terus menaiki menara itu secara perlahan hingga semakin tinggi. 

Penonton terus bersorak dan ada lagi yang memberi komentar: “Terlalu sulit, tak seekorpun akan berhasil!” mendengar teriakan itu maka beberapa katak kecil menyerah dan menghentikan usahanya untuk mencapai puncak menara itu. 

Akhirnya, hanya ada satu katak saja yang melanjutkan hingga semakin tinggi dan ia berhasil mencapai puncak.

Seperti katak tuli yang berhasil di atas, kadangkala kita perlu menutup telinga terhadap perkataan-perkataan yang menjatuhkan mental dan semangat kita – tetaplah bersikap positif dan bila perlu berlakulah tuli terhadap perkataan pesimis dari orang-orang yang melemahkan semangat kita untuk mencapai impian tersebut.

Aku melupakan apa yang ada di belakangku
dan mengarahkan diri kepada yang ada di hadapanku,
Dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah 
(Flp 3:13-14)

(Sumber: Warta KPI TLNo. 26/VI/2006 » Ilmu Katak Tuli, Mansor Desember 2003 No. 69 Tahun VI)