Rabu, 16 Oktober 2019

04.37 -

Rm 2:1-11

Sarapan Pagi
Agar Jiwa Kita Disegarkan Oleh-Nya


Firman yang tertanam di dalam hatimu
yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.
(Yak 1:21)


Penanggalan liturgi

Rabu, 16 Oktober 2019: Hari Biasa XXVIII - Tahun C/I (Hijau)
Bacaan: Rm 2:1-11; Mzm 62:2-3, 6-7, 9; Luk 11:42-46


Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, (2A) yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama. Tetapi kita tahu, bahwa hukuman Allah berlangsung secara jujur atas mereka yang berbuat demikian. 

Dan engkau, hai manusia, engkau (2A) yang menghakimi mereka yang berbuat demikian, sedangkan engkau sendiri melakukannya juga, adakah engkau sangka, bahwa engkau akan luput dari hukuman Allah?

Maukah engkau menganggap sepi kekayaan kemurahan-Nya, kesabaran-Nya dan kelapangan hati-Nya? Tidakkah engkau tahu, bahwa (3) maksud kemurahan Allah ialah menuntun engkau kepada pertobatan?

Tetapi oleh kekerasan hatimu yang tidak mau bertobat, engkau menimbun murka atas dirimu sendiri pada hari waktu mana murka dan hukuman Allah yang adil akan dinyatakan.

Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, yaitu hidup kekal kepada mereka yang dengan tekun berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasaan, tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman. Penderitaan dan kesesakan akan menimpa setiap orang yang hidup yang berbuat jahat, pertama-tama orang Yahudi dan juga orang Yunani, tetapi kemuliaan, kehormatan dan damai sejahtera akan diperoleh semua orang yang berbuat baik, pertama-tama orang Yahudi, dan juga orang Yunani. Sebab (1) Allah tidak memandang bulu. 


Renungan


1. Jangan menghakimi

(1, 2AB) Allah mengasihi semua ciptaan-Nya. Paulus melihat bahwa sejak lama ada kesombongan rohani pada bangsa Yahudi, merasa lebih bermoral dan menganggap dirinya memiliki superioritas sebagai bangsa pilihan Allah. Oleh karena itu Paulus mengingatkan mereka (Mat 7:1-2).

(3) Jikalau orang fasik bertobat dari segala dosa yang dilakukannya dan berpegang pada segala ketetapan-Ku serta melakukan keadilan dan kebenaran, ia pasti hidup, ia tidak akan mati. Segala durhaka yang dibuatnya tidak akan diingat-ingat lagi terhadap dia; ia akan hidup karena kebenaran yang dilakukannya (Yeh 18:21-22).

Sikap kita ketika melihat orang yang berdosa: kita tidak boleh menghakimi, juga tidak boleh menyetujui orang yang berbuat dosa, sebab kedua-duanya akan hancur. 

Jadi, kita harus sabar dan dengan lemah lembut menuntunnya, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran, dan dengan demikian mereka menjadi sadar kembali, karena terlepas dari jerat Iblis yang telah mengikat mereka pada kehendaknya (2 Tim 2:24-26).