Pada tanggal 27 September 1660 Vinsensius de Paul wafat di Rumah Pusat CM, Saint-Lazare, di pinggiran kota Paris. Hampir delapan puluh tahun sebelumnya dia lahir dari keluarga kecil, di suatu desa kecil. Mungkin karena itu, selama hidupnya, dia ingin mencari perlindungan di tengah-tengah hal kecil.
Sambil membaca surat-suratnya, kita bisa tersenyum melihat bahwa segala-galanya yang berhubungan dengan dia disebutnya “kecil”. CM disebut “serikat kecil’ atau “keluarga kita yang kecil”.
Pagi hari bersama seluruh komunitas Vinsensius melakukan meditasi selama satu jam dan setelah itu dia mempersembahkan Misa serta membaca bagian Ibadat Harian yang sesuai: Itu pun disebut “doa-doa saya yang kecil”.
Karya serta kegiatan yang dilakukannya mendapat sebutan yang sama: “pelayanan-pelayanan yang kecil”. Cara hidup CM menjadi “cara hidup kami yang kecil”, dan peraturan CM menjadi “peraturan kita yang kecil”, dan lain-lain.
Sambil membaca surat-suratnya, kita bisa tersenyum melihat bahwa segala-galanya yang berhubungan dengan dia disebutnya “kecil”. CM disebut “serikat kecil’ atau “keluarga kita yang kecil”.
Pagi hari bersama seluruh komunitas Vinsensius melakukan meditasi selama satu jam dan setelah itu dia mempersembahkan Misa serta membaca bagian Ibadat Harian yang sesuai: Itu pun disebut “doa-doa saya yang kecil”.
Karya serta kegiatan yang dilakukannya mendapat sebutan yang sama: “pelayanan-pelayanan yang kecil”. Cara hidup CM menjadi “cara hidup kami yang kecil”, dan peraturan CM menjadi “peraturan kita yang kecil”, dan lain-lain.
Kecil itu indah, dikatakan oleh manusia modern. Tetapi nampaknya falsafah ini belum terpikirkan oleh manusia abad XVII. Falsafah Vinsensius ialah kerendahan hati yang mendarah daging dalam hidupnya.
Kerendahan hati itu tidak mencetak manusia yang penuh frustrasi dan minder, melainkan manusia yang optimis karena percaya kepada Allah: “Ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri itu harus merupakan dasar untuk percaya kepada Allah”[1]
Kerendahan hati itu tidak mencetak manusia yang penuh frustrasi dan minder, melainkan manusia yang optimis karena percaya kepada Allah: “Ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri itu harus merupakan dasar untuk percaya kepada Allah”[1]
Orang “kecil” ini ternyata mendapat perhatian yang sangat besar selama hidupnya dan setelah kematiannya. Raja, Pangeran, Kardinal, Uskup sampai rakyat kecil berlomba untuk mengunjungi dan memberi hormat kepada jenazahnya yang disemayamkan di Gereja Saint-Lazare. Setelah itu lebih dari 1500 buku telah diterbitkan untuk menceritakan hidupnya dalam pelbagai bahasa.
Maka kita juga dapat bertanya: “Siapa gerangan orang ini?”Supaya cerita tentang Vinsensius dan karya-karyanya lebih jelas, kami menyusun buku ini dalam lima bagian, berdasarkan buku: San Vincenzo de’ Paoli, karangan José María Román, CM.
I. Masa muda (1581-1609)
Tanggal kelahiran Vinsensius masih diperdebatkan. Biasanya dikatakan bahwa Vinsensius lahir tanggal 24 April 1581, di desa Pouy, dekat kota Dax, Perancis barat daya. Keluarganya sungguh sederhana, meskipun tidak amat miskin. Karena itu sejak kecil Vinsensius ikut membantu bekerja sebagai penjaga ternak.
Pada umur 15 tahun, keluarga dan desa ditinggalkannya untuk belajar di suatu asrama yang dipimpin oleh para imam Fransiskan di kota Dax. Selama di kota itu Vinsensius menjadi pengasuh anak-anak keluarga de Comet. Dengan demikian Vinsensius bekerja sambil belajar.
Mulai saat itu keluarga de Comet menjadi pendukung Vinsensius dalam banyak usahanya, antara lain dengan menuntun Vinsensius ke jenjang imamat. Ternyata di Dax Vinsensius menerima tahbisan-tahbisan kecil.
Mulai saat itu keluarga de Comet menjadi pendukung Vinsensius dalam banyak usahanya, antara lain dengan menuntun Vinsensius ke jenjang imamat. Ternyata di Dax Vinsensius menerima tahbisan-tahbisan kecil.
Setelah dua tahun Vinsensius pindah ke Universitas Toulouse berkat pengorbanan ayahnya yang menjual sepasang lembu untuk memungkinkan anaknya melanjutkan studi. Studinya diselesaikan di Toulouse pada tahun 1604 dengan gelar BA dalam bidang teologi. Sebelum itu ia telah ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 23 September 1600. Saat itu umurnya baru 19 tahun lebih 5 bulan.
Tentu tahbisan sebagai imam pada umur demikian muda mengundang pertanyaan: Ada apa di belakang? Lebih-lebih kalau kita melihat bahwa Vinsensius berusaha ditahbiskan di luar keuskupannya, di tempat yang sangat jauh (Château l’Évêque, Keuskupan Périgueux), oleh seorang Uskup yang sudah berumur delapan puluh empat tahun dan satu bulan kemudian meninggal. Mungkin peristiwa-peristiwa yang terjadi kemudian memberi terang juga mengenai tahbisan Vinsensius, khususnya mengenai apa yang dikejar Vinsensius melalui imamat.
Setelah menjadi imam, Vinsensius berusaha memperoleh kedudukan yang sepadan dengan jabatannya itu. Pertama-tama dia berjuang untuk menjadi Pastor Paroki Thil, tidak jauh dari desa asalnya. Untuk itu ia mendapat pengangkatan dari Vikaris Jenderal Keuskupan Dax. Sayangnya pada waktu itu seorang imam lain sudah diangkat untuk Paroki yang sama dan pengangkatannya berasal dari Roma. SK Vikjen tentu tak banyak berarti di hadapan SK dari Roma. Vinsensius tidak putus asa.
Pada tahun 1601 dia pergi ke Roma untuk memperjuangkan kariernya. Setelah beberapa bulan imam muda itu terpaksa kembali ke Toulouse tanpa hasil.
Pada tahun 1601 dia pergi ke Roma untuk memperjuangkan kariernya. Setelah beberapa bulan imam muda itu terpaksa kembali ke Toulouse tanpa hasil.
Rencana Vinsensius berikutnya lebih berani, “demikian berani sehingga saya malu mengatakannya”[2], tulis Vinsensius sendiri. Kemungkinan besar ia ingin menjadi uskup. Tetapi untuk itu diperlukan banyak uang. Untunglah seorang ibu mewariskan kepadanya 400 écus[3], jumlah uang yang cukup besar, sama dengan gaji seorang pegawai menengah atas selama empat tahun.
Sialnya, uang itu dibawa lari oleh seorang bajingan. Vinsensius mengejarnya sampai Marseille dan akhirnya mendapat 300 écus. Dalam perjalanan pulangVinsensius ditangkap bajak laut, dibawa ke Tunis (Afrika Utara) dan dijual sebagai budak. Selama dua tahun Vinsensius berganti beberapa majikan. Majikan terakhir dipertobatkannya dan bersama-sama mereka berdua melarikan diri ke Perancis.
Sialnya, uang itu dibawa lari oleh seorang bajingan. Vinsensius mengejarnya sampai Marseille dan akhirnya mendapat 300 écus. Dalam perjalanan pulangVinsensius ditangkap bajak laut, dibawa ke Tunis (Afrika Utara) dan dijual sebagai budak. Selama dua tahun Vinsensius berganti beberapa majikan. Majikan terakhir dipertobatkannya dan bersama-sama mereka berdua melarikan diri ke Perancis.
Cerita mengenai perbudakan itu ditulis oleh Vinsensius sendiri dalam dua surat kepada Bapak de Comet[4]. Tetapi kebenaran isi dua surat itu, yaitu kebenaran cerita mengenai perbudakan Vinsensius, diperdebatkan oleh ahli sejarah. Yang jelas rencana Vinsensius untuk menjadi uskup itu pun gagal.
Vinsensius tidak putus asa. Pada tahun 1607, sekembalinya dari Afrika Utara, dia menjumpai utusan Paus yang berkedudukan di Avignon. Karena masa jabatannya selesai, Mgr. Pietro Montorio, demikianlah namanya, mengajak Vinsensius ke Roma. Vinsensius ikut dengan gembira, karena pejabat Gereja itu menjanjikan pertolongannya agar imam muda itu memperoleh suatu jabatan yang menguntungkan.
Pada akhir tahun 1608 Vinsensius berada di Paris, sekali lagi tanpa hasil, tetapi dengan keinginan besar untuk maju dalam karier. Sebuah surat yang ditulis Vinsensius kepada ibunya tgl. 17 Februari 1610, menggambarkan keadaannya dengan cukup jelas:
“Ibuku, ... saya gelisah, karena saya terpaksa tinggal di kota ini guna memperoleh kesempatan untuk maju dalam karier saya. Memang sampai sekarang musibah-musibah beruntun menghalangi saya, sehingga saya tidak dapat mengabdi kepada Ibu sesuai kewajiban saya. Namun saya menaruh harapan pada Tuhan, semoga Dia sudi memberkati segala usaha saya dan segera memberi saya jalan agar saya dapat mengundurkan diri dengan tenang dan untuk selanjutnya tinggal dekat Ibu … Saya ingin agar kakak saya menyuruh salah seorang anaknya belajar. Musibah-musibah yang telah saya alami serta kenyataan bahwa saya belum bisa memberi bantuan kepada keluarga, mungkin membuat dia putus asa. Namun kita tahu bahwa kegagalan masa kini adalah petunjuk keberhasilan untuk masa mendatang …”[5].
Surat kepada ibunya ini memperlihatkan dengan jelas cita-cita Vinsensius pada masa itu: 1. Maju dalam karier; 2. Memberi bantuan ekonomi bagi keluarganya; 3. Mengundurkan diri ke desanya dekat Ibunya untuk menikmati “masa pensiun” pada umur 29 tahun.
Wajarlah cita-cita ini bagi seorang anggota masyarakat biasa; tetapi seorang imam muda yang idealismenya berhenti di situ saja sungguh memalukan. Maka satu pertanyaan tak dapat kita elakkan: Mengapa Vinsensius menjadi imam? Tak dapat disangkal bahwa Vinsensius, terdorong oleh keluarganya, mau menjadi imam karena pada zaman itu imamat merupakan satu-satunya jalan bagi orang miskin seperti dia untuk meningkatkan status sosial dirinya maupun keluarganya.
Namun Vinsensius tidak berhenti pada taraf itu. Pada tahun 1657 dia berkata kepada para Romo CM: “Kita harus menjadi sepenuhnya milik Tuhan dan sekaligus terarah kepada pelayanan bagi masyarakat.
Demi tujuan ini kita harus menyerahkan diri kepada Tuhan, menghabiskan diri, memberikan hidup kita. Biar kita telanjang, bila dapat dikatakan demikian, agar orang lain memperoleh pakaian. Sekurang-kurangnya inilah kesediaan yang perlu kita usahakan apabila kita belum memilikinya: siap sedia untuk pergi ke mana saja dikehendaki Tuhan, entah ke India, entah ke tempat lain; pendek kata kita harus melibatkan diri dengan gembira dalam pelayanan kepada sesama, dalam usaha memperluas kerajaan Kristus dalam jiwa-jiwa.
Mengenai saya sendiri, meskipun sudah tua dan lanjut usia, saya juga tidak boleh mengesampingkan kesediaan itu, yaitu kesediaan untuk pergi ke daerah India guna merebut jiwa-jiwa bagi Tuhan, meskipun ada kemungkinan saya akan mati dalam perjalanan”[6].
Demi tujuan ini kita harus menyerahkan diri kepada Tuhan, menghabiskan diri, memberikan hidup kita. Biar kita telanjang, bila dapat dikatakan demikian, agar orang lain memperoleh pakaian. Sekurang-kurangnya inilah kesediaan yang perlu kita usahakan apabila kita belum memilikinya: siap sedia untuk pergi ke mana saja dikehendaki Tuhan, entah ke India, entah ke tempat lain; pendek kata kita harus melibatkan diri dengan gembira dalam pelayanan kepada sesama, dalam usaha memperluas kerajaan Kristus dalam jiwa-jiwa.
Mengenai saya sendiri, meskipun sudah tua dan lanjut usia, saya juga tidak boleh mengesampingkan kesediaan itu, yaitu kesediaan untuk pergi ke daerah India guna merebut jiwa-jiwa bagi Tuhan, meskipun ada kemungkinan saya akan mati dalam perjalanan”[6].
Ternyata Vinsensius mengalami perubahan menyeluruh. Dulu segalanya dimanfaatkan demi kesejahteraan dirinya dan keluarganya. Imamat juga dipakai untuk itu. Sekarang seluruh pribadinya dan segala yang dimilikinya diserahkan kepada Tuhan dan sesama: “Biar kita telanjang …”. Kapan dan bagaimana perubahan ini terjadi?
II. Masa Pertobatan (1609-1620)
Kegagalan-kegagalan beruntun mendorong Vinsensius untuk berpikir: “Apakah ada sesuatu yang tidak beres dalam hidupku?”
Dengan didasari keprihatinan ini, imam yang menanjak dewasa itu mencari seorang pembimbing rohani: Romo Pierre de Bérulle, seorang imam terkemuka di Perancis, pelopor pembaharuan Gereja. Melalui Romo de Bérulle, Vinsensius masuk dalam pergaulan dengan seluruh kelompok pembaharu.
Berkat bimbingan Romo de Bérulle dan teladan kawan-kawan, Vinsensius pelan-pelan mengerti apa yang tidak beres dalam hidupnya: Sebagai imam tidak cukup mengejar status sosial; seorang imam harus memberikan hidupnya untuk Tuhan dan sesama.
Dengan didasari keprihatinan ini, imam yang menanjak dewasa itu mencari seorang pembimbing rohani: Romo Pierre de Bérulle, seorang imam terkemuka di Perancis, pelopor pembaharuan Gereja. Melalui Romo de Bérulle, Vinsensius masuk dalam pergaulan dengan seluruh kelompok pembaharu.
Berkat bimbingan Romo de Bérulle dan teladan kawan-kawan, Vinsensius pelan-pelan mengerti apa yang tidak beres dalam hidupnya: Sebagai imam tidak cukup mengejar status sosial; seorang imam harus memberikan hidupnya untuk Tuhan dan sesama.
Vinsensius menerima dengan gembira tugas sebagai kapelan mantan Ratu Margareta de Valois, lebih-lebih karena, dalam penentuan tugas, dia diangkat sebagai pembagi derma kepada orang miskin dan kepada orang sakit di Rumah Sakit “La Charité”.
Vinsensius merasa lebih senang lagi saat Romo de Bérulle menawarkan kepadanya satu jabatan baru, sebagai Pastor Paroki di Clichy, desa dekat kota Paris. Sejak bulan Mei 1612 imam kita mulai berkarya di tengah orang-orang sederhana. Di bawah bimbingannya Paroki berkembang dalam segala aspek, terutama dalam bidang katekese dan liturgi. Di Pastoran, Vinsensius mengumpulkan dua belas anak muda yang dibinanya sebagai calon imam.
Tetapi pada akhir tahun 1613 Vinsensius diajak Romo de Bérulle untuk menerima tugas baru lagi: sebagai pengasuh anak-anak keluarga Gondi, salah satu keluarga terkemuka dalam kerajaan Perancis.
Dalam istana di tengah kota Paris atau dalam kunjungan ke villa-villa yang mereka miliki di daerah kekuasaan mereka, Vinsensius berusaha hidup seperti dalam biara. Pelan-pelan Bapak Gondi dan Nyonya mulai menghargai imam itu, sampai akhirnya dipilih oleh mereka sebagai Pembimbing Rohani; terutama Nyonya Gondi merasa sangat membutuhkan bimbingannya.
Dalam istana di tengah kota Paris atau dalam kunjungan ke villa-villa yang mereka miliki di daerah kekuasaan mereka, Vinsensius berusaha hidup seperti dalam biara. Pelan-pelan Bapak Gondi dan Nyonya mulai menghargai imam itu, sampai akhirnya dipilih oleh mereka sebagai Pembimbing Rohani; terutama Nyonya Gondi merasa sangat membutuhkan bimbingannya.
Pada waktu itu atau sebelumnya, Romo kita mengalami dua peristiwa yang dianggap penting dalam pertobatannya. Pernah Vinsensius tinggal di satu kamar kos bersama dengan seorang teman.
Suatu hari temannya pergi ke luar untuk urusannya, sedangkan Vinsensius terpaksa tinggal di kamar karena sakit. Ketika pulang, teman Vinsensius itu terkejut karena uangnya yang disimpan dalam almari tidak ada lagi. Siapa lagi yang dapat dianggap pencuri selain Vinsensius? Maka tuduhan itu terang-terangan dilontarkan kepada Vinsensius dan disebarkan di kalangan luas.
Imam kita tidak dapat membela diri, maka dia hanya berkata: “Tuhan tahu”. Setelah enam tahun pencurinya ditemukan, yaitu petugas apotik yang pagi itu membawa obat bagi Vinsensius[7].
Suatu hari temannya pergi ke luar untuk urusannya, sedangkan Vinsensius terpaksa tinggal di kamar karena sakit. Ketika pulang, teman Vinsensius itu terkejut karena uangnya yang disimpan dalam almari tidak ada lagi. Siapa lagi yang dapat dianggap pencuri selain Vinsensius? Maka tuduhan itu terang-terangan dilontarkan kepada Vinsensius dan disebarkan di kalangan luas.
Imam kita tidak dapat membela diri, maka dia hanya berkata: “Tuhan tahu”. Setelah enam tahun pencurinya ditemukan, yaitu petugas apotik yang pagi itu membawa obat bagi Vinsensius[7].
Peristiwa itu dianggap penting dalam proses pertobatan Vinsensius, karena baru kali ini tokoh kita menerima dirinya sebagai orang miskin yang tak berdaya dan karenanya menyerahkan diri kepada Tuhan: “Tuhan tahu”.
Suatu hari seorang ahli dan dosen teologi membuka hatinya kepada Vinsensius. Dosen itu sudah beberapa tahun menderita karena mengalami kesangsian iman yang gawat. Vinsensius terharu, maka ia berdoa kepada Tuhan agar temannya itu dibebaskan, dan jika perlu biarlah penderitaan itu menimpa dirinya.
Betul, dosen itu bebas dari segala kecemasan, tetapi Vinsensius mulai mengalami kesangsian iman yang dahsyat; segala kebenaran iman yang dahulu diimani dengan damai, sekarang seakan-akan sudah kehilangan dasarnya. Vinsensius menderita selama beberapa tahun.
Akhirnya dia berjanji akan membaktikan seluruh hidupnya bagi orang miskin bila Tuhan berkenan membebaskannya. Doanya dikabulkan Tuhan [8]
Betul, dosen itu bebas dari segala kecemasan, tetapi Vinsensius mulai mengalami kesangsian iman yang dahsyat; segala kebenaran iman yang dahulu diimani dengan damai, sekarang seakan-akan sudah kehilangan dasarnya. Vinsensius menderita selama beberapa tahun.
Akhirnya dia berjanji akan membaktikan seluruh hidupnya bagi orang miskin bila Tuhan berkenan membebaskannya. Doanya dikabulkan Tuhan [8]
Kesempatan untuk mewujudkan janjinya akan segera tiba. Pada bulan Januari 1617 Vinsensius berada di Folleville bersama seluruh keluarga Gondi.
Suatu hari Vinsensius dipanggil ke desa Gannes, karena seorang tokoh umat mendekati ajalnya dan ingin mengaku dosa kepadanya. Romo Vinsensius datang dan petani mengaku dosa-dosa seluruh hidupnya. Deretan dosa yang diungkapkannya cukup panjang, karena sebelumnya tokoh umat itu malu mengaku dosa.
Setelah pengakuan dosa selesai, petani itu merasa seperti lepas dari jerat setan dan karena gembiranya dia menceritakan pengalamannya kepada banyak orang, termasuk Nyonya Gondi.
Suatu hari Vinsensius dipanggil ke desa Gannes, karena seorang tokoh umat mendekati ajalnya dan ingin mengaku dosa kepadanya. Romo Vinsensius datang dan petani mengaku dosa-dosa seluruh hidupnya. Deretan dosa yang diungkapkannya cukup panjang, karena sebelumnya tokoh umat itu malu mengaku dosa.
Setelah pengakuan dosa selesai, petani itu merasa seperti lepas dari jerat setan dan karena gembiranya dia menceritakan pengalamannya kepada banyak orang, termasuk Nyonya Gondi.
Romo Vinsensius dan Nyonya Gondi berpikir: Kalau tokoh umat yang dianggap saleh ini ternyata di ambang kebinasaan abadi, apalagi orang lain yang kelakuannya jelas-jelas lebih jelek. Apa yang dapat dilakukan? Beberapa hari setelah peristiwa itu, tepatnya pada tanggal 25 Januari 1617, Vinsensius memberi kotbah mengenai pengakuan dosa seluruh hidup di Gereja Folleville. Umat dari desa-desa sekitarnya berbondong-bondong datang untuk mendengarkan kotbah dan mengaku dosa.
Bagi Vinsensius dan Nyonya Gondi pengalaman ini merupakan semacam wahyu. Mereka menyadari bahwa daerah pedesaan terlantar karena kurang mendapat pembinaan. Para imam lebih suka tinggal di kota, sehingga umat daerah pedesaan terlupakan.
Maka Vinsensius merasa terpanggil untuk membaktikan seluruh hidupnya demi pembinaan rohani rakyat kecil dari daerah pedesaan. Itulah yang mendorong Vinsensius untuk memulai kegiatan Misi Umat di desa-desa dan untuk mendirikan Kongregasi Misi (CM).
Maka Vinsensius merasa terpanggil untuk membaktikan seluruh hidupnya demi pembinaan rohani rakyat kecil dari daerah pedesaan. Itulah yang mendorong Vinsensius untuk memulai kegiatan Misi Umat di desa-desa dan untuk mendirikan Kongregasi Misi (CM).
Setelah kembali ke Paris, di tengah-tengah kemewahan istana keluarga Gondi, Vinsensius merasakan konflik batin yang mendalam. Dia semakin sadar bahwa Tuhan memanggilnya untuk membina rakyat kecil.
Tetapi ternyata sekarang dia menikmati keadaan yang begitu menyenangkan, di istana orang kaya, sementara rakyat kecil semakin terdesak oleh kebutuhan jasmani maupun rohani.
Maka pada masa Prapaskah tahun 1617, Vinsensius meninggalkan istana keluarga Gondi tanpa pamit dan memilih menjadi Pastor Paroki di Châtillon-les-Dombes (Lyon). Di sinilah suatu pengalaman baru lebih meyakinkan Vinsensius akan panggilannya.
Tetapi ternyata sekarang dia menikmati keadaan yang begitu menyenangkan, di istana orang kaya, sementara rakyat kecil semakin terdesak oleh kebutuhan jasmani maupun rohani.
Maka pada masa Prapaskah tahun 1617, Vinsensius meninggalkan istana keluarga Gondi tanpa pamit dan memilih menjadi Pastor Paroki di Châtillon-les-Dombes (Lyon). Di sinilah suatu pengalaman baru lebih meyakinkan Vinsensius akan panggilannya.
Suatu hari Minggu di bulan Agustus, ketika mempersiapkan diri di Sakristi untuk mempersembahkan Misa, Vinsensius diberitahu bahwa di luar desa Châtillon semua anggota satu keluarga sakit parah dan terlantar, karena tidak ada yang merawat mereka.
Dalam kotbahnya ia mendorong umatnya untuk memberi perhatian kepada keluarga yang malang itu. Sore harinya, setelah selesai tugas Paroki, Vinsensius bersama beberapa umat mengunjungi keluarga yang menderita itu. Ternyata banyak umat sudah datang dan sudah membawa makanan berlimpah.
Vinsensius berpikir: “Keluarga yang malang ini pada hari ini telah menerima bantuan berlimpah. Sebagian dari makanan itu akan menjadi busuk dan keluarga itu akan mulai menderita lagi seperti semula. Cinta kasih seperti ini kurang efektif, karena kurang terencana. Orang-orang miskin sering menderita bukan karena tidak ada yang sanggup menolong, melainkan karena tidak ada koordinasi” [9].
Dalam kotbahnya ia mendorong umatnya untuk memberi perhatian kepada keluarga yang malang itu. Sore harinya, setelah selesai tugas Paroki, Vinsensius bersama beberapa umat mengunjungi keluarga yang menderita itu. Ternyata banyak umat sudah datang dan sudah membawa makanan berlimpah.
Vinsensius berpikir: “Keluarga yang malang ini pada hari ini telah menerima bantuan berlimpah. Sebagian dari makanan itu akan menjadi busuk dan keluarga itu akan mulai menderita lagi seperti semula. Cinta kasih seperti ini kurang efektif, karena kurang terencana. Orang-orang miskin sering menderita bukan karena tidak ada yang sanggup menolong, melainkan karena tidak ada koordinasi” [9].
Karena itu Vinsensius membentuk “Persaudaraan Kasih”, kumpulan awam yang menolong orang miskin secara terencana dan terorganisir. Perkumpulan itu kemudian akan menyebar ke seluruh Perancis, bahkan ke seluruh dunia.
Semua peristiwa ini membuka mata Vinsensius. Dia semakin sadar akan panggilannya sebagai imam. Terutama Vinsensius yakin bahwa hanya seorang imam yang suci mampu memenuhi panggilan Tuhan itu.
Inilah pertobatan Vinsensius. Tetapi pertobatan di sini harus diberi arti yang tepat: Vinsensius bukanlah orang jahat yang menjadi suci, melainkan orang biasa yang berhasil mengarahkan seluruh hidupnya kepada Tuhan dan sesama.
Perlu kita tambahkan bahwa pada tahun 1618, pertemuan pribadi dengan seorang santo sejati, yaitu Santo Fransiskus dari Sales, sangat menolong Vinsensius untuk tinggal landas menuju kesucian.
Allah mempertobatkan Vinsensius lewat pembimbing rohani, lewat orang miskin yang menuntut pelayanan sejati, lewat seorang santo, dan lewat banyak pengalaman lain yang diatur oleh Tuhan agar rencana-Nya yang abadi terlaksana.
Allah mempertobatkan Vinsensius lewat pembimbing rohani, lewat orang miskin yang menuntut pelayanan sejati, lewat seorang santo, dan lewat banyak pengalaman lain yang diatur oleh Tuhan agar rencana-Nya yang abadi terlaksana.
III. Daya cipta yang subur (1620-1634)
Pada tahun 1620 Vinsensius sudah mengerti arah hidupnya dan panggilannya. Kemelaratan jasmani dan rohani rakyat kecil seperti menampar Romo kita dan menggugahnya untuk menanggapi masalah itu dengan tegas.
Mulai saat itu karya-karya Vinsensius mengalir lewat dua jalur, yang dalam bahasa Perancis mendapat nama “Mission” dan “Charité”. Yang pertama menjawab pada kemelaratan rohani, melalui katekisasi menyeluruh yang diwujudkan dalam kegiatan Misi Umat. Yang kedua menjawab pada kemelaratan jasmani, melalui karya amal terencana dan terorganisir, yang pada awalnya ditangani oleh kelompok baru yang bernama “Persaudaraan Kasih”.
Mulai saat itu karya-karya Vinsensius mengalir lewat dua jalur, yang dalam bahasa Perancis mendapat nama “Mission” dan “Charité”. Yang pertama menjawab pada kemelaratan rohani, melalui katekisasi menyeluruh yang diwujudkan dalam kegiatan Misi Umat. Yang kedua menjawab pada kemelaratan jasmani, melalui karya amal terencana dan terorganisir, yang pada awalnya ditangani oleh kelompok baru yang bernama “Persaudaraan Kasih”.
Dari karya Misi ke Kongregasi Misi
Pada akhir tahun 1617 keluarga Gondi berhasil membujuk Vinsensius untuk kembali ke Paris. Tetapi kali ini Romo kita menentukan syarat-syarat. Dia sanggup kembali menjadi Pembimbing Rohani keluarga Gondi, asal diberi kesempatan untuk menyelenggarakan Misi Umat di desa-desa dalam wilayah kekuasaan Gondi.
Maka selama kurang lebih tujuh tahun Vinsensius mengunjungi sekitar 40 desa untuk melakukan Misi Umat itu. Dengan satu atau dua teman imam, Vinsensius menetap di satu desa selama satu atau satu setengah bulan.
Katekismus diajarkannya kepada semua lapisan masyarakat secara sederhana dan praktis. Seluruh umat pelan-pelan dituntun kepada pertobatan, yang diwujudkan dalam pengakuan dosa seluruh hidup dan dalam komuni.
Masalah-masalah yang ditemukan dalam Paroki, seperti perselisihan antara keluarga, perkawinan yang tidak beres dan lain-lain, ditangani dengan sabar dan lembut, sampai dapat diselesaikan dengan tuntas.
Katekismus diajarkannya kepada semua lapisan masyarakat secara sederhana dan praktis. Seluruh umat pelan-pelan dituntun kepada pertobatan, yang diwujudkan dalam pengakuan dosa seluruh hidup dan dalam komuni.
Masalah-masalah yang ditemukan dalam Paroki, seperti perselisihan antara keluarga, perkawinan yang tidak beres dan lain-lain, ditangani dengan sabar dan lembut, sampai dapat diselesaikan dengan tuntas.
Sampai tahun 1625 karya ini dipikul oleh Vinsensius secara pribadi, dengan bantuan insidentil beberapa teman imam. Namun Vinsensius dan Nyonya Gondi menyadari bahwa kegiatan ini demikian penting, sehingga membutuhkan penanganan yang profesional dan berkesinambungan dari satu Kongregasi khusus.
Vinsensius tidak bernafsu untuk mendirikan satu Kongregasi baru. Pertama-tama dia menghubungi beberapa Kongregasi yang sudah berkarya di Perancis dan minta agar mereka menerima Misi Umat sebagai karya mereka.
Tetapi semua Kongregasi yang dihubungi tidak bersedia. Maka pada tanggal 17 April 1625, Vinsensius bersama Bapak dan Nyonya Gondi menandatangani sebuah kontrak yang menetapkan berdirinya Kongregasi Misi, dengan modal pertama sebesar 45.000 Lire yang disumbangkan oleh keluarga Gondi.
Tetapi semua Kongregasi yang dihubungi tidak bersedia. Maka pada tanggal 17 April 1625, Vinsensius bersama Bapak dan Nyonya Gondi menandatangani sebuah kontrak yang menetapkan berdirinya Kongregasi Misi, dengan modal pertama sebesar 45.000 Lire yang disumbangkan oleh keluarga Gondi.
Kongregasi baru diwajibkan memberi Misi hanya di desa-desa saja dan secara gratis. Untuk melaksanakan tugas dengan baik, para anggotanya diwajibkan juga hidup bersama.
Untuk sementara Misi Umat hanya diberikan di daerah kekuasaan keluarga Gondi. Namun dalam waktu beberapa tahun kegiatan ini mulai diminati oleh banyak Keuskupan, sehingga Vinsensius kewalahan menanggapi semua permintaan.
Pada tahun 1626 Kongregasi baru itu mulai menerima anggota-anggotanya. Pada awalnya hanya tiga imam bergabung dengan Vinsensius, termasuk Antoine Portail, yang telah dibina oleh Vinsensius sejak menjadi Pastor Paroki Clichy, bersama dengan beberapa anak lain.
Tetapi setiap tahun jumlah mereka pelan-pelan bertambah, sehingga pada tahun 1631 jumlah imam CM mencapai empat belas orang. Mereka tinggal di Kolese “Bons Enfants”, yang selama tahun-tahun pertama menjadi markas besar CM.
Tetapi pada awal tahun 1632 markas besar CM pindah ke Saint-Lazare, suatu biara yang luas dan kaya. Karena Misi Umat harus diberikan secara cuma-cuma, maka kekayaan Saint-Lazare dapat dimanfaatkan untuk menghidupi para Romo dan mendukung karya-karya Kongregasi baru itu.
Tetapi setiap tahun jumlah mereka pelan-pelan bertambah, sehingga pada tahun 1631 jumlah imam CM mencapai empat belas orang. Mereka tinggal di Kolese “Bons Enfants”, yang selama tahun-tahun pertama menjadi markas besar CM.
Tetapi pada awal tahun 1632 markas besar CM pindah ke Saint-Lazare, suatu biara yang luas dan kaya. Karena Misi Umat harus diberikan secara cuma-cuma, maka kekayaan Saint-Lazare dapat dimanfaatkan untuk menghidupi para Romo dan mendukung karya-karya Kongregasi baru itu.
Dari Oktober sampai Juni para Romo CM keliling dari desa ke desa untuk membina rakyat jelata yang terlantar. Tak terhitung jumlah Misi Umat yang diselenggarakan oleh kelompok kecil yang telah dirintis Vinsensius itu.
Dari Juni sampai Oktober para petani sibuk dengan pekerjaan pertanian. Maka para Romo tinggal di rumah untuk belajar, untuk melakukan latihan, dan untuk karya-karya lain yang segera mulai menyibukkan Kongregasi Misi.
Dari Juni sampai Oktober para petani sibuk dengan pekerjaan pertanian. Maka para Romo tinggal di rumah untuk belajar, untuk melakukan latihan, dan untuk karya-karya lain yang segera mulai menyibukkan Kongregasi Misi.
Dengan menekuni pembinaan rakyat kecil, Vinsensius dan para Romo CM lambat laun menyentuh luka-luka lain yang merongrong Gereja, terutama kemerosotan rohani para imam. Justeru karena itulah rakyat sangat terlantar. Vinsensius tidak bisa tinggal diam di hadapan masalah-masalah yang menyangkut kesejahteraan jasmani dan rohani rakyat kecil.
Dia sadar juga bahwa hasil Misi Umat tidak dapat bertahan bila Pastor Paroki tidak melanjutkan pembinaan umat. Karena itu sejak dini pembinaan para imam dan calon-calon imam mulai dipikirkan oleh santo kita.
Tetapi,. seperti biasanya, dia menanti tanda dari Penyelenggaraan Ilahi sebelum bertindak. Tanda itu datang melalui permintaan Uskup Beauvais yang mendesak Vinsensius untuk membina calon-calon imam dari Keuskupannya sekitar 20 hari sebelum tahbisan. Vinsensius menerima permintaan itu dan dengan demikian dimulailah karya Retret untuk calon-calon tahbisan yang akan menyibukkan para Romo dan semua rumah CM.
Setelah beberapa tahun sangat terasa bahwa pembinaan calon-calon imam hanya menjelang tahbisan itu, tidak cukup. Maka pelan-pelan waktu diperpanjang sampai beberapa tahun dan akhirnya menjadi Seminari, yang merupakan pengembangan karya retret.
Pada pertengahan tahun 1633 di Saint-Lazare dimulai, juga atas usul orang lain, suatu kegiatan yang nanti akan dikenal sebagai “Konferensi Hari Selasa”. Banyak Romo dari kota Paris dan sekitarnya pada hari Selasa berkumpul untuk membahas bersama-sama salah satu tema yang berhubungan dengan kehidupan para imam, yaitu masalah rohani atau pastoral.
Banyak calon pejabat Gereja mendapat pembinaan Vinsensius melalui kegiatan ini. Hasilnya sangat memuaskan, sehingga banyak Uskup baru dipilih di antara anggota “Konferensi Hari Selasa”.
Banyak calon pejabat Gereja mendapat pembinaan Vinsensius melalui kegiatan ini. Hasilnya sangat memuaskan, sehingga banyak Uskup baru dipilih di antara anggota “Konferensi Hari Selasa”.
Dari karya kasih ke Puteri Kasih.
“Persaudaraan Kasih” yang dirintis di Châtillon-les Dombes merupakan permulaan suatu karya raksasa yang akan mempengaruhi secara mendalam kegiatan Gereja pada abad-abad berikutnya. Langkah pertama itu dapat diumpamakan dengan mata air sebuah sungai raksasa. Permulaannya sangat kecil, tetapi jangkauannya nanti sangat luas.
Kunci keberhasilan perkumpulan baru itu mungkin terletak di sini: Pembagian tugas yang efektif di antara anggota, peraturan yang jelas, semangat rohani yang mendasari seluruh kegiatan, perpaduan antara usaha karitatif dan pembinaan iman.
Kunci keberhasilan perkumpulan baru itu mungkin terletak di sini: Pembagian tugas yang efektif di antara anggota, peraturan yang jelas, semangat rohani yang mendasari seluruh kegiatan, perpaduan antara usaha karitatif dan pembinaan iman.
Setelah tahun 1617, Vinsensius mengunjungi banyak desa untuk memberi Misi Umat. Di semua desa itu didirikan Persaudaraan Kasih.
Perkumpulan itu berkembang dalam tiga bentuk: Yang pertama hanya terdiri dari ibu-ibu, yang kedua anggotanya hanya bapak-bapak, dan yang ketiga campuran. Harus diakui bahwa bentuk campuran mengecewakan dan pelan-pelan dihapus. Sedangkan perkumpulan yang hanya terdiri dari ibu-ibu mengalami kemajuan paling besar dan akhirnya hanyalah bentuk ini yang bertahan sampai sekarang.
Perkumpulan itu berkembang dalam tiga bentuk: Yang pertama hanya terdiri dari ibu-ibu, yang kedua anggotanya hanya bapak-bapak, dan yang ketiga campuran. Harus diakui bahwa bentuk campuran mengecewakan dan pelan-pelan dihapus. Sedangkan perkumpulan yang hanya terdiri dari ibu-ibu mengalami kemajuan paling besar dan akhirnya hanyalah bentuk ini yang bertahan sampai sekarang.
Mulai tahun 1626 para Romo CM juga mengunjungi desa-desa untuk menyelenggarakan Misi Umat. Di mana-mana mereka juga mendirikan Persaudaraan Kasih. Dalam waktu beberapa tahun ratusan perkumpulan tersebar di Perancis, terutama di bagian utara.
Pada tahun 1621. dalam salah satu perjalanannya, Vinsensius mampir di Macon. Ternyata di kota itu terdapat sejumlah besar pengemis dan keadaan mereka sangat menyedihkan. Vinsensius langsung tanggap terhadap keadaan dan permasalahan dan mencari penyelesaian. Didirikannya dua Persaudaraan Kasih, yang satu terdiri dari ibu-ibu dan yang lain dari bapak-bapak. Bersama mereka Vinsensius mencari jalan keluar agar para pengemis dapat hidup dari pekerjaan mereka atau dari derma yang dibagikan oleh perkumpulan.
Dua syarat ditentukan bagi para pengemis: Jangan mengemis lagi dan rajin mengikuti kegiatan rohani (Misa, Pelajaran agama dan lain-lain). Kota Macon seluruhnya dilibatkan, para pejabat pemerintah maupun Gereja, pedagang-pedagang serta seluruh umat. Dalam waktu yang singkat kota itu bebas dari pengemis.
Dua syarat ditentukan bagi para pengemis: Jangan mengemis lagi dan rajin mengikuti kegiatan rohani (Misa, Pelajaran agama dan lain-lain). Kota Macon seluruhnya dilibatkan, para pejabat pemerintah maupun Gereja, pedagang-pedagang serta seluruh umat. Dalam waktu yang singkat kota itu bebas dari pengemis.
Pada tahun 1629 Persaudaraan Kasih masuk juga di ibukota Paris, mulai dengan dua perkumpulan saja. Setelah pengalaman awal yang menggembirakan, pelan-pelan semua Paroki mendirikan Persaudaraan Kasih.
Juga kota Beauvais segera mendapat organisasi itu. Ibu-ibu yang dapat dihimpun sekitar 300 orang, yang terbagi dalam 18 Persaudaraan. Vinsensius rupanya belum dikenal di Buauvais. Seorang pejabat melaporkan kepada pemerintah pusat bahwa “seorang bernama Vinsensius, dengan tidak mengindahkan kekuasaan Raja dan tanpa pemberitahuan apapun kepada pemerintah kota, mengumpulkan sekitar 300 wanita dalam suatu wadah ‘persaudaraan’ yang mereka namakan ‘kasih’. Mereka berkumpul untuk kegiatan mereka dan untuk memberikan pertolongan serta membagikan makanan bagi orang miskin yang sakit dari kota itu. Hal ini tidak dapat ditolerir”[10].
Tetapi Vinsensius sudah dikenal dengan baik oleh pemerintah pusat, sehingga 18 Persaudaraan kota Beauvais tak mengalami hambatan apapun, malah terus berkembang dengan subur.
Dengan cepat Persaudaraan Kasih mengalami kemajuan dalam jumlah maupun dalam kegiatan. Namun apa yang akan terjadi tanpa pembinaan terus menerus? Dari mana-mana laporan mengenai keadaan perkumpulan itu sampai pada Vinsensius. Tidak semua laporan menggembirakan. Di suatu tempat anggota perkumpulan tidak mau mengunjungi orang sakit, di tempat lain keuangan tidak beres; bendahara satu perkumpulan terlalu kikir, anggota-anggota perkumpulan lain tidak dapat bekerja sama … Tanpa pembinaan, organisasi itu akan roboh di bawah masalah-masalah yang bertumpuk-tumpuk.
Untuk menjamin pembinaan itu, Vinsensius dan Romo-Romo merasa perlu sering mengunjungi Persaudaraan-Persaudaraan yang tersebar di daerah yang luas. Kunjungan-kunjungan ini sering bergema dalam korespondensi S. Vinsensius.
Pada akhir tahun 1654 (umurnya sudah 73 tahun) dia menulis: “Nanti sore saya bermaksud mengunjungi ibu-ibu cinta kasih dari Paroki kecil Saint-Marceau. Di sana perkumpulan yang baik ini menghadapi bahaya kehancuran, bila tidak mendapat sedikit dukungan”[11].
Pada akhir tahun 1654 (umurnya sudah 73 tahun) dia menulis: “Nanti sore saya bermaksud mengunjungi ibu-ibu cinta kasih dari Paroki kecil Saint-Marceau. Di sana perkumpulan yang baik ini menghadapi bahaya kehancuran, bila tidak mendapat sedikit dukungan”[11].
Surat di atas ini ditulis Vinsensius kepada Luisa de Marillac. Wanita yang luar biasa ini sudah dikenalnya sejak tahun 1624. Pada waktu itu wanita muda yang baru ditinggal mati suaminya, membutuhkan bimbingan yang lembut dan tegas.
Rupanya Vinsensiuslah orang yang tepat. Sejak tahun 1629, Luisa dilibatkan dalam pembinaan Persaudaraan Kasih di kota dan desa yang cukup jauh. Inilah salah satu langkah Vinsensius yang paling berani dan paling subur.
Luisa mengunjungi banyak Persaudaraan. Di mana-mana Luisa mempelajari situasi, memberi semangat, membantu menyelesaikan masalah, dan selalu rajin melaporkan segalanya kepada Vinsensius. Sebagian dari korespondensi antara dua tokoh ini masih dapat kita baca, dan itu sangat membantu kita untuk mengenal mereka.
Setelah Persaudaraan Kasih masuk kota, banyak Nyonya dari keluarga bangsawan atau dari keluarga terkemuka menjadi anggotanya. Tetapi lama-kelamaan mereka malu mengunjungi orang miskin dan sakit di lorong kota yang kecil dan di gubuk yang kumuh.
Karena itu, pembantu rumah tanggalah yang disuruh mengunjungi orang miskin yang sakit dan membawa makanan kepada mereka. Dapat kita bayangkan bagaimana pelayanan kasih ini menjadi suatu kegiatan tanpa jiwa di tangan pembantu rumah tangga.
Karena itu, pembantu rumah tanggalah yang disuruh mengunjungi orang miskin yang sakit dan membawa makanan kepada mereka. Dapat kita bayangkan bagaimana pelayanan kasih ini menjadi suatu kegiatan tanpa jiwa di tangan pembantu rumah tangga.
Vinsensius dan Luisa tak dapat menerima cara kerja ini, karena pelayanan seperti itu lebih menyakitkan daripada menghibur.
Dua tokoh kita sadar, bahwa orang miskin lebih membutuhkan perhatian dan kelembutan daripada makanan.
Untunglah beberapa gadis desa yang baik datang kepada Vinsensius dan Luisa dan menawarkan diri untuk berkarya demi orang miskin.
Gadis-gadis ini diserahkan kepada Luisa untuk dibina dalam kasih kepada Tuhan dan sesama. Mereka membantu di Paroki-Paroki kota Paris dalam kunjungan kepada orang miskin yang sakit. Kegiatan ini mereka lakukan atas nama Persaudaraan Kasih.
Gadis pertama yang datang kepada Vinsensius untuk melayani orang miskin bernama Margareta Naseau. Semangat pengabdiannya menjadi teladan bagi gadis-gadis yang lain. Setelah beberapa tahun dia meninggal, karena berani menolong orang sakit pes, sampai ketularan penyakit itu.
Dua tokoh kita sadar, bahwa orang miskin lebih membutuhkan perhatian dan kelembutan daripada makanan.
Untunglah beberapa gadis desa yang baik datang kepada Vinsensius dan Luisa dan menawarkan diri untuk berkarya demi orang miskin.
Gadis-gadis ini diserahkan kepada Luisa untuk dibina dalam kasih kepada Tuhan dan sesama. Mereka membantu di Paroki-Paroki kota Paris dalam kunjungan kepada orang miskin yang sakit. Kegiatan ini mereka lakukan atas nama Persaudaraan Kasih.
Gadis pertama yang datang kepada Vinsensius untuk melayani orang miskin bernama Margareta Naseau. Semangat pengabdiannya menjadi teladan bagi gadis-gadis yang lain. Setelah beberapa tahun dia meninggal, karena berani menolong orang sakit pes, sampai ketularan penyakit itu.
Tanggal 29 November 1633 merupakan suatu hari yang bersejarah. Pada hari itu sejumlah gadis dipilih dan dihimpun di rumah Luisa de Marillac. Dengan langkah itu dibentuklah suatu komunitas baru dalam Gereja, dengan nama Serikat Puteri Kasih.
Bukanlah suatu ordo yang terkurung dalam biara sesuai kebiasaan pada waktu itu, melainkan suatu kelompok kerasulan. Mereka memang hidup bersama dan harus memiliki semangat seperti biarawati-biarawati lain; tetapi anggota Serikat Puteri Kasih harus terbuka dan terarah kepada pelayanan orang miskin, di mana saja orang miskin membutuhkan pertolongan. Pada tanggal 31 Juli 1634 jumlah mereka hanya dua belas orang.
Bukanlah suatu ordo yang terkurung dalam biara sesuai kebiasaan pada waktu itu, melainkan suatu kelompok kerasulan. Mereka memang hidup bersama dan harus memiliki semangat seperti biarawati-biarawati lain; tetapi anggota Serikat Puteri Kasih harus terbuka dan terarah kepada pelayanan orang miskin, di mana saja orang miskin membutuhkan pertolongan. Pada tanggal 31 Juli 1634 jumlah mereka hanya dua belas orang.
Dalam tahun 1634 pula, di kota Paris ibu-ibu yang membantu Vinsensius dalam karya amal sejak tahun 1625, dihimpun dalam suatu Persaudaraan Kasih yang mengambil nama dari Rumah Sakit Paris, “Hôtel Dieu”.
Kelompok inilah yang akan menjadi pendukung utama Vinsensius dalam karya-karya besar yang akan ditanganinya. Nyonya-Nyonya terkemuka dari Paris berlomba untuk menjadi anggota Persaudaraan Kasih Hôtel Dieu.
Kelompok inilah yang akan menjadi pendukung utama Vinsensius dalam karya-karya besar yang akan ditanganinya. Nyonya-Nyonya terkemuka dari Paris berlomba untuk menjadi anggota Persaudaraan Kasih Hôtel Dieu.
Dengan demikian Vinsensius sudah berhasil membentuk satu barisan sukarelawan-sukarelawati yang sanggup menghadapi tantangan dan tuntutan jaman.
Para Romo CM bersama dengan imam-imam yang tergabung dalam Konferensi Hari Selasa berkarya terutama di jalur pertama yang bersumber dari pengalaman Folleville (‘Mission’). Para Suster Puteri Kasih beserta Persaudaraan Kasih dan khususnya kelompok Hôtel Dieu , berkarya di jalur kedua yang bersumber dari pengalaman Châtillon-les-Dombes (‘Charité’).
Para Romo CM bersama dengan imam-imam yang tergabung dalam Konferensi Hari Selasa berkarya terutama di jalur pertama yang bersumber dari pengalaman Folleville (‘Mission’). Para Suster Puteri Kasih beserta Persaudaraan Kasih dan khususnya kelompok Hôtel Dieu , berkarya di jalur kedua yang bersumber dari pengalaman Châtillon-les-Dombes (‘Charité’).
IV. Masa Panen (1634-1653)
Abad XVII di Perancis dikenal sebagai ‘le grand siècle’ (abad yang agung), karena pada abad itu Perancis mengalami masa yang cemerlang dalam bidang politik dan militer, maupun dalam sastra, seni serta filsafat. Pada masa itu Perancis berhasil menggeser Spanyol sebagai negara adikuasa dalam percaturan politik Eropa.
Tetapi tak pernah rakyat Perancis menderita seperti pada abad ini, sehingga abad yang demikian diagung-agungkan itu dapat disebut juga ‘abad orang miskin’. Penyakit pes, bencana alam yang menghancurkan penghasilan para petani, struktur masyarakat yang sangat menekan orang kecil, dan terutama perang yang berkepanjangan merupakan sumber derita yang tak terkatakan.
Tetapi tak pernah rakyat Perancis menderita seperti pada abad ini, sehingga abad yang demikian diagung-agungkan itu dapat disebut juga ‘abad orang miskin’. Penyakit pes, bencana alam yang menghancurkan penghasilan para petani, struktur masyarakat yang sangat menekan orang kecil, dan terutama perang yang berkepanjangan merupakan sumber derita yang tak terkatakan.
Pada abad orang miskin Allah membangkitkan pula ‘Bapak orang miskin’, yaitu Vinsensius de Paul.
Orang-orang miskin yang penuh luka dan derita dipandang Vinsensius sebagai “majikan”, karena dalam diri mereka, seirama dengan semangat Injil, dia melihat Kristus sendiri; bagi dia melayani orang miskin sama dengan melayani Kristus. Oleh karena itu karya dipandang sebagai lanjutan dari doa dan cinta kepada Tuhan berpadu dengan cinta kepada orang kecil.
Orang-orang miskin yang penuh luka dan derita dipandang Vinsensius sebagai “majikan”, karena dalam diri mereka, seirama dengan semangat Injil, dia melihat Kristus sendiri; bagi dia melayani orang miskin sama dengan melayani Kristus. Oleh karena itu karya dipandang sebagai lanjutan dari doa dan cinta kepada Tuhan berpadu dengan cinta kepada orang kecil.
Seluruh keluarga besar yang telah dihimpun Vinsensius siap untuk melayani orang kecil dan meringankan penderitan mereka.
1. Cinta kasih melawan kekejaman perang
Balatentara cinta kasih yang dihimpun Vinsensius mendapat ujian pertama di Lorraine, salah satu propinsi Perancis di daerah perbatasan bagian timur laut. Sepanjang sejarah propinsi tersebut menjadi rebutan antara Perancis dan tetangganya Jerman. Pada jaman Vinsensius, Lorraine mengalami penderitaan yang dahsyat.
Sekitar tahun 1630, selama beberapa musim para petani hampir tidak dapat memetik hasil apa-apa karena pelbagai sebab. Panen jelek membawa paceklik dan kelaparan. Tak ketinggalan penyakit pes mengamuk sampai tahun 1637.
Musibah yang paling dahsyat ialah perang. Dari tahun 1635 sampai dengan tahun 1643 balatentara dari bermacam-macam negara dan golongan menjelajahi daerah yang malang itu. Dimana-mana para serdadu merampas apa saja yang dapat dimanfaatkan, terutama bahan makanan. Mereka membakar, membunuh, memperkosa, menghancurkan tanpa belaskasihan. Penderitaan para penduduk dapat kita bayangkan.
Musibah yang paling dahsyat ialah perang. Dari tahun 1635 sampai dengan tahun 1643 balatentara dari bermacam-macam negara dan golongan menjelajahi daerah yang malang itu. Dimana-mana para serdadu merampas apa saja yang dapat dimanfaatkan, terutama bahan makanan. Mereka membakar, membunuh, memperkosa, menghancurkan tanpa belaskasihan. Penderitaan para penduduk dapat kita bayangkan.
Di propinsi Lorraine terdapat satu komunitas CM, tepatnya di Toul. Melalui para Romo Vinsensius mengenal situasi gawat yang diderita oleh seluruh masyarakat Lorraine. Seperti biasa Vinsensius tidak bisa diam di hadapan penderitaan manusia.
Pertama-tama dia dan komunitasnya berdoa dan melakukan matiraga, untuk memohon belaskasihan Tuhan bagi orang miskin yang menderita di daerah itu.
Di samping itu Vinsensius mencoba pula memperbaiki situasi pada akarnya. Pada suatu hari dia memberanikan diri menghadap Perdana Menteri Perancis, Kardinal Richelieu, dan memohon kepadanya: “Monsinyur, usahakanlah kedamaian bagi rakyat”.
Kardinal yang berkuasa itu menjawab: “Sayalah yang paling mencintai kedamaian. Tetapi damai itu tidak hanya tergantung pada saya”.
Kardinal yang berkuasa itu menjawab: “Sayalah yang paling mencintai kedamaian. Tetapi damai itu tidak hanya tergantung pada saya”.
Akhirnya Vinsensius terjun untuk meringankan penderitaan korban-korban perang. Dua belas Romo CM diutus ke Propinsi itu. Ibu-Ibu dari Persaudaraan Kasih digerakkan untuk mengumpulkan sebanyak mungkin dana. Dengan dana yang disalurkan secara rutin melalui Romo-Romo CM yang sudah berkarya di daerah itu, berpuluh-puluh ribu jiwa diselamatkan dari kehancuran total.
Menurut laporan jaman itu, dari tahun 1639 sampai tahun 1649 telah dikumpulkan dan disalurkan bantuan sebanyak dua juta lire. Kalau kita membandingkan jumlah ini dengan data-data lain yang kita miliki (misalnya gaji seorang Pastor Paroki selama satu tahun mencapai tiga ratus lire), maka dapat disimpulkan bahwa dua juta lire sama dengan 55 miliar Rupiah masa kini.
Dalam karya raksasa ini, Vinsensius sibuk menjadi koordinator, para ibu dari Persaudaraan Kasih bergerak untuk mengumpulkan dana dan para Romo siap untuk menyalurkannya kepada orang miskin.
Seorang Bruder CM, bernama Mateus Regnard, menjadi penghubung antara Paris dan Propinsi Lorraine. Seluruh dana yang dihimpun di Paris dapat disalurkan ke semua pos pertolongan di Lorraine berkat kecerdikan Bruder Regnard. Dia sudah dikenal oleh preman-preman zaman itu dan diincar oleh mereka; tetapi dengan kelihaiannya dia dapat selalu lolos dari perangkap mereka. Dalam kurung waktu sepuluh tahun dia melakukan perjalanan itu 54 kali. Setiap kali membawa 20 sampai 50 ribu lire.
Seorang Bruder CM, bernama Mateus Regnard, menjadi penghubung antara Paris dan Propinsi Lorraine. Seluruh dana yang dihimpun di Paris dapat disalurkan ke semua pos pertolongan di Lorraine berkat kecerdikan Bruder Regnard. Dia sudah dikenal oleh preman-preman zaman itu dan diincar oleh mereka; tetapi dengan kelihaiannya dia dapat selalu lolos dari perangkap mereka. Dalam kurung waktu sepuluh tahun dia melakukan perjalanan itu 54 kali. Setiap kali membawa 20 sampai 50 ribu lire.
Sebelum Lorraine pulih kembali dari kehancuran, musibah yang sama dialami oleh beberapa daerah lain, yaitu Picardie, Champagne dan Île de France. Kekejaman perang terulang kembali di suatu wilayah yang lebih luas. Sekali lagi rakyat terbawa ke ambang kehancuran.
Dan sekali lagi seluruh “Keluarga Vinsensius” bergerak secara lebih efisien dan lebih efektif untuk menyembuhkan luka-luka masyarakat. Dari tahun 1650 sampai tahun 1654 para Romo dan Bruder CM dalam jumlah yang cukup besar (pernah sampai 18 orang) bersama dengan banyak Puteri Kasih pergi ke daerah-daerah yang menderita untuk menolong orang miskin dan orang sakit. Para ibu dari Persaudaraan Kasih sibuk untuk mengumpulkan dana di Paris. Bruder Parre mengantarkan dana itu dan membagikannya sesuai kebutuhan. Vinsensius dari Saint-Lazare memimpin ‘armada’ cintakasih ini. Di Ibukota Paris sendiri beberapa puluh ribu pengungsi mendapat pertolongan jasmani maupun rohani.
Dan sekali lagi seluruh “Keluarga Vinsensius” bergerak secara lebih efisien dan lebih efektif untuk menyembuhkan luka-luka masyarakat. Dari tahun 1650 sampai tahun 1654 para Romo dan Bruder CM dalam jumlah yang cukup besar (pernah sampai 18 orang) bersama dengan banyak Puteri Kasih pergi ke daerah-daerah yang menderita untuk menolong orang miskin dan orang sakit. Para ibu dari Persaudaraan Kasih sibuk untuk mengumpulkan dana di Paris. Bruder Parre mengantarkan dana itu dan membagikannya sesuai kebutuhan. Vinsensius dari Saint-Lazare memimpin ‘armada’ cintakasih ini. Di Ibukota Paris sendiri beberapa puluh ribu pengungsi mendapat pertolongan jasmani maupun rohani.
Menurut laporan Vinsensius, sekitar 370.000 lire telah dikirim dan dibagikan kepada orang miskin. Jumlah sebesar itu telah dimanfaatkan untuk memberi makan kepada orang sakit yang lapar, untuk menghimpun dan menjamin sekitar 800 anak yatim piatu, untuk mencukupi kebutuhan banyak Pastor Paroki yang miskin dan untuk keperluan lain. Dalam laporan itu belum diperhitungkan pakaian, selimut, peralatan Misa dan kebutuhan lain yang telah dikirim ke sana dalam jumlah yang sangat besar.
Dalam salah satu suratnya tertanggal 21 Juni 1652 Vinsensius menyampaikan ‘berita-berita kecil’[12] tentang apa yang dikerjakan di Paris untuk menampung dan menolong para pengungsi.
“Inilah karya-karya yang paling menonjol:
1. Setiap hari sekitar 15.000 orang miskin, baik para miskin yang tersembunyi karena malu maupun para pengungsi, menerima makanan yang sudah dimasak.
2. Sekitar 800 gadis yang telah mengungsi kemari, telah dikumpulkan di beberapa rumah khusus. Di situ mereka mendapat keperluan sehari-hari serta pembinaan. Romo sendiri dapat membayangkan nasib mereka andaikata dibiarkan mengembara di kota. Seratus di antara mereka kita tanggung di salah satu rumah di daerah Saint-Denis.
3. Tak ketinggalan para Suster yang telah dipaksa meninggalkan biara mereka oleh gerombolan tentara dan lari ke kota Paris. Di antara mereka ada yang berkeliaran di jalan, ada yang ditampung di tempat yang patut dicurigai, ada juga yang kembali kepada keluarganya. Pokoknya mereka semua terseret ke dalam bahaya dan kekacauan.
Ada banyak usaha untuk melepaskan mereka dari keadaan yang membahayakan. Untuk itu telah diprakarsai satu usaha yang nampaknya berkenan kepada Tuhan. Mereka semua telah dikumpulkan bersama-sama dalam satu biara, di bawah bimbingan Suster-Suster Santa Maria.
Ada banyak usaha untuk melepaskan mereka dari keadaan yang membahayakan. Untuk itu telah diprakarsai satu usaha yang nampaknya berkenan kepada Tuhan. Mereka semua telah dikumpulkan bersama-sama dalam satu biara, di bawah bimbingan Suster-Suster Santa Maria.
Akhirnya semua Pastor Paroki, Pastor Pembantu dan Pastor-Pastor lain yang telah lari ke dalam kota Paris dari Paroki-Paroki mereka di pedesaan, telah dikumpulkan di rumah kita. Setiap hari ada pendatang baru. Mereka menerima makanan dan penginapan serta dibina dalam pengetahuan dan praktek yang perlu bagi hidup mereka.
Demikianlah Tuhan memperkenankan kami ambil bagian pada karya-karya suci yang sedang diusahakan di Paris. Para Suster Puteri Kasih lebih terlibat daripada kami, khususnya dalam pelayanan jasmani bagi orang miskin. Mereka mempersiapkan dan membagikan makanan di tempat Ibu Le Gras untuk 1.300 orang miskin yang malu dan bagi 800 pengungsi di daerah Saint-Denis. Malah dalam Paroki Santo Paulus, empat atau lima Suster Puteri Kasih memberikan makanan kepada 5.000 orang miskin, di samping tugas mereka yang rutin, yaitu merawat 60 atau 80 puluh orang sakit. Di tempat lain para Suster menangani karya-karya yang sama”[13].
S. Vinsensius tidak hanya pandai membagikan dana yang dikumpulkan dan disumbangkan oleh orang lain. Setiap kali kebutuhan mendesak, dia tidak segan-segan mengambil uang dari kas rumah Saint-Lazare. Karena itu sering kali kas rumah itu kosong. Namun Vinsensius percaya akan Penyelenggaraan Ilahi.
Pengorbanan yang lebih besar dituntut dari mereka yang langsung berkarya di daerah-daerah yang menderita. Banyak di antara mereka jatuh sakit dan terpaksa meninggalkan medan dalam waktu singkat. Beberapa Romo dan seorang Suster meninggal di tempat kerja. Namun Vinsensius tak pernah mengalami kesulitan untuk mencari Romo atau Suster yang rela mengganti para martir cinta kasih itu.
Menolong orang yang paling terlantar
Kemelaratan merupakan tanah yang subur untuk tumbuhnya segala macam dosa. Tidak mengherankan bila pada ‘abad orang miskin’ itu kita jumpai banyak masalah sosial yang bersumber dari kejahatan.
Salah satu masalah yang muncul ialah anak terbuang. Setiap tahun di kota Paris ratusan anak dibuang oleh ibu yang tidak bertanggung jawab, karena ibu itu terlalu miskin dan tidak mampu menghidupi anaknya, atau karena ibu itu masih gadis dan tidak berani menghadapi ‘penghakiman’ masyarakat tanpa seorang suami yang jelas. Biasanya anak dibuang di muka pintu salah satu gedung Gereja. Mungkin karena wanita yang gagal sebagai ibu itu masih ingat bahwa Gereja juga adalah Ibu. Vinsensius sendiri berkata bahwa setiap tahun anak yang dibuang berjumlah sekitar 365, rata-rata setiap hari satu.
Sesungguhnya di Paris sudah tersedia penampungan resmi bagi anak-anak itu. Namanya ‘la couche’(dalam bahasa Perancis berarti ‘tempat untuk berbaring bagi anak-anak’). Vinsensius mengetahui keadaan asrama itu.
Ibu-ibu yang tak berperikemanusiaan memperlakukan anak-anak sebagai barang yang mengganggu, sehingga mereka tidak segan menjual anak-anak kepada para pengemis. Kaki dan tangannya nanti akan dipatahkan, dan dengan anak yang sudah cacat itu di pangkuannya, para pengemis dapat menggugah belaskasihan masyarakat sehingga memperoleh banyak derma.
Ibu-ibu yang tak berperikemanusiaan memperlakukan anak-anak sebagai barang yang mengganggu, sehingga mereka tidak segan menjual anak-anak kepada para pengemis. Kaki dan tangannya nanti akan dipatahkan, dan dengan anak yang sudah cacat itu di pangkuannya, para pengemis dapat menggugah belaskasihan masyarakat sehingga memperoleh banyak derma.
Setelah melihat orang miskin yang menderita, Vinsensius tak pernah mencari alasan untuk mengelak dari tanggung jawabnya. Dia sadar pula bahwa anak-anak itu oleh masyarakat dianggap makhluk terkutuk karena ‘anak haram’. Dia tidak mundur. Dengan caranya sendiri dia sanggup mendobrak mentalitas masyarakat.
Untuk karya ini pun dia melibatkan semua organisasi besar yang dipimpinnya: Ibu-Ibu dari Persaudaraan Kasih untuk mencari dana, para Suster Puteri Kasih yang akan langsung menanganinya, dan para Romo CM sebagai koordinator.
Untuk karya ini pun dia melibatkan semua organisasi besar yang dipimpinnya: Ibu-Ibu dari Persaudaraan Kasih untuk mencari dana, para Suster Puteri Kasih yang akan langsung menanganinya, dan para Romo CM sebagai koordinator.
Pada tahun 1637, setelah mengunjungi ‘la Couche’, Ibu-Ibu dari Persudaraan Hôtel Dieu mengambil keputusan untuk mencoba menampung dua belas anak yang terbuang. Jumlah anak yang diasuh pelan-pelan bertambah. Akhirnya pada tanggal 17 Januari 1640, atas desakan Vinsensius, para Ibu menyediakan diri untuk menampung semua anak terbuang.
Proyek besar ini dimulai pada tanggal 30 Maret 1640 dan dipikul bersama oleh putera-puteri Vinsesius untuk seterusnya, di tengah-tengah kesulitan yang dapat kita bayangkan: Kesulitan tempat untuk menampung semua anak, mencari ibu yang mau menyusui bayi, mengarahkan anak-anak yang sudah menjadi remaja kepada suatu pekerjaan yang memungkinkan mereka mandiri, dan terutama kesulitan ekonomi.
Proyek besar ini dimulai pada tanggal 30 Maret 1640 dan dipikul bersama oleh putera-puteri Vinsesius untuk seterusnya, di tengah-tengah kesulitan yang dapat kita bayangkan: Kesulitan tempat untuk menampung semua anak, mencari ibu yang mau menyusui bayi, mengarahkan anak-anak yang sudah menjadi remaja kepada suatu pekerjaan yang memungkinkan mereka mandiri, dan terutama kesulitan ekonomi.
Semua kesulitan ini sering kali mematahkan semangat kelompok-kelompok yang terlibat. Vinsensius selalu siap untuk melindungi anak-anak dan memberi semangat kepada putera-puterinya.
Kepada anggota CM dia menjelaskan: “Penyelamat kita berkata kepada murid-murid-Nya: ‘Biarkanlah anak-anak datang kepada-Ku’. Apakah kita berani menolak atau meninggalkan anak-anak yang datang kepada kita? Itu berarti menolak Kristus sendiri”[14].
Kepada Ibu-Ibu dari Persaudaraan Kasih ia berkata: “Sampai sekarang kalian menjadi ibu bagi anak-anak ini. Sekarang kalian menjadi hakim bagi mereka. Kehidupan atau kematian anak-anak ini ada di tangan kalian. Bila kalian terus memberi perhatian kepada mereka, anak-anak akan hidup. Bila mereka kalian tinggalkan, anak-anak akan mati. Putuskanlah sendiri”[15].
Kepada para Suster Puteri Kasih ia berkata: “Dalam karya ini kalian menyerupai Bunda Maria, karena sekaligus menjadi perawan dan ibu”[16].
Beberapa keterangan dapat memberikan gambaran yang nyata: Dari tahun 1638 sampai tahun 1643 ditampung 1200 anak; pada tahun 1644 (hanya satu tahun!) biaya untuk karya itu mencapai 44.000 lire; pada tahun 1656 biaya hanya 17.221; pada tahun 1657 jumlah anak yang diasuh 395.
Luisa de Marillac paling disibukkan oleh karya ini, karena dia bersama Suster-Susternya langsung menanganinya. Kalau usaha ini bertahan terus Luisalah yang paling berjasa.
Masalah sosial lain yang sudah lama menarik perhatian Vinsensius dan putera-puterinya ialah pendayung-pendayung galea (galea adalah kapal perang). Di Perancis dan negara-negara lain para narapidana dimanfaatkan sebagai pendayung galea. Keadaan mereka sangat tidak manusiawi. Vinsensius memberi komentar ini: “Saya melihat sendiri bahwa mereka diperlakukan seperti binatang”[17].
Pada tanggal 8 Februari 1619, atas prakarsa Bapak Gondi, Jenderal Armada Perang Perancis, Vinsensius diangkat sebagai Kapelan Armada Perang.
Sejak permulaan Vinsensius mengusahakan perbaikan-perbaikan dalam makanan dan pengobatan bagi para pendayung. Pembinaan rohani juga diperhatikannya, khususnya lewat Misi Umat. Bila sementara tidak dimanfaatkan di kapal, para pendayung tinggal di penjara khusus. Beberapa kali Vinsensius mengusahakan tempat yang lebih pantas sebagai kediaman bagi mereka.
Malah pada tahun 1645 di Marseille dapat dibangun sebuah rumah sakit. Saat narapidana yang sakit dipindahkan dari galea ke rumah sakit, rasanya seperti meninggalkan neraka untuk masuk surga.
Sejak permulaan Vinsensius mengusahakan perbaikan-perbaikan dalam makanan dan pengobatan bagi para pendayung. Pembinaan rohani juga diperhatikannya, khususnya lewat Misi Umat. Bila sementara tidak dimanfaatkan di kapal, para pendayung tinggal di penjara khusus. Beberapa kali Vinsensius mengusahakan tempat yang lebih pantas sebagai kediaman bagi mereka.
Malah pada tahun 1645 di Marseille dapat dibangun sebuah rumah sakit. Saat narapidana yang sakit dipindahkan dari galea ke rumah sakit, rasanya seperti meninggalkan neraka untuk masuk surga.
Di Marseille, kota pelabuhan terbesar di Perancis, Vinsensius menempatkan beberapa Romo CM dengan tugas utama pemeliharaan rohani dan jasmani para pendayung galea. Para Romo menjadi penghubung antara narapidana dengan dunia luar, yaitu dengan orang tua, saudara-saudara, isteri, anak, pacar, dan tentu dengan para penderma.
Tinggal di tengah-tengah narapidana merupakan pekerjaan yang sulit dan berbahaya. Namun Vinsensius dan Luisa tidak segan-segan melibatkan Puteri Kasih dalam karya ini juga. Rencana ini dapat diwujudkan tahun 1640. Para Suster Puteri Kasih ditugaskan untuk pemeliharaan para pendayung galea dalam sebuah penjara di Paris.
Semua ini dapat dilaksanakan berkat dukungan finansial dari Nyonya d’Aiguillon, keponakan Kardinal Richelieu, dan ibu-ibu lain.
Kemiskinan muncul dengan seribu wajah, dan Vinsensius selalu di barisan terdepan untuk menolong. Kelompok lain yang mengalami kasih Vinsensius ialah para budak yang diperjual-belikan di Afrika Utara, setelah ditangkap oleh bajak laut di perairan Laut Tengah.
Beberapa puluh ribu (mungkin 50.000) orang Kristen Eropa menderita di Afrika Utara sebagai budak. Beberapa anggota CM ditugaskan di Tunis dan di Aljazair untuk membina mereka, dan juga untuk membebaskan mereka bila dapat diusahakan uang tebusan.
Bahkan Vinsensius menerima tugas sebagai konsul di Tunis dan di Aljazair bagi beberapa Romo atau Bruder, supaya dengan jabatan ini para budak dapat dilayani dengan lebih baik. Nyonya d’Aiguillon juga dalam karya ini menjadi pendukung utama Vinsensius. Sedangkan para Romo yang berkarya di Marseille menjadi penghubung antara Perancis dan Afrika Utara. Menurut Abelly, pengarang riwayat Vinsensius yang pertama, santo kita berhasil menebus 1.200 budak dengan biaya 1.200.000 lire.
Beberapa puluh ribu (mungkin 50.000) orang Kristen Eropa menderita di Afrika Utara sebagai budak. Beberapa anggota CM ditugaskan di Tunis dan di Aljazair untuk membina mereka, dan juga untuk membebaskan mereka bila dapat diusahakan uang tebusan.
Bahkan Vinsensius menerima tugas sebagai konsul di Tunis dan di Aljazair bagi beberapa Romo atau Bruder, supaya dengan jabatan ini para budak dapat dilayani dengan lebih baik. Nyonya d’Aiguillon juga dalam karya ini menjadi pendukung utama Vinsensius. Sedangkan para Romo yang berkarya di Marseille menjadi penghubung antara Perancis dan Afrika Utara. Menurut Abelly, pengarang riwayat Vinsensius yang pertama, santo kita berhasil menebus 1.200 budak dengan biaya 1.200.000 lire.
Catatan singkat ini tak dapat mengungkapkan secara lengkap perjuangan dan pengorbanan Vinsensius, para ibu, dan terutama para Misionaris CM yang ditugaskan di Afrika Utara. Beberapa di antara mereka dipenjarakan dan disiksa. Seorang imam dan seorang Bruder dibunuh sebagai martir oleh penguasa Afrika Utara; juga seorang pemuda Maroko yang bertobat menjadi Kristen dibunuh secara kejam.
Misi Universal
Semua karya Vinsensius dijiwai oleh cinta kepada Tuhan dan kepada Gereja. Bukanlah cinta kepada Gereja Perancis atau Gereja Eropa, melainkan cinta kepada Gereja Katolik yang tersebar di seluruh dunia. Cinta Vinsensius pun menjadi universal seperti Gereja. Oleh karena itu sejak dini Vinsensius berusaha melampaui batas Perancis dan memperluas pelayanannya ke daerah-daerah lain.
Pada tahun 1639 Romo Lebreton diutus ke Roma, bukan hanya untuk menangani kepentingan CM di pusat Gereja, tetapi juga untuk mengabdi kepentingan Gereja di tengah-tengah kaum miskin (narapidana, orang-orang terlantar, masyarakat pedesaan).
Pada tahun 1645 sebuah rumah CM dibuka di Genova (Italia) dan para putera Vinsensius mendarat di Tunis, seperti telah kita singgung di atas. Dua tahun kemudian para misionaris CM mulai berkarya di Irlandia dan di sini Romo Taddeus Lee, putra Irlandia, menjadi martir CM pertama (tahun 1652) Satu tahun sebelumnya, yaitu 1651, Skotlandia dan Polandia juga dapat mengalami kasih Vinsensius lewat putera-puteranya. Akhirnya pada tahun 1654 karya CM mulai berkembang di Torino (Italia) dan di Aljazair.
Pada tahun 1645 sebuah rumah CM dibuka di Genova (Italia) dan para putera Vinsensius mendarat di Tunis, seperti telah kita singgung di atas. Dua tahun kemudian para misionaris CM mulai berkarya di Irlandia dan di sini Romo Taddeus Lee, putra Irlandia, menjadi martir CM pertama (tahun 1652) Satu tahun sebelumnya, yaitu 1651, Skotlandia dan Polandia juga dapat mengalami kasih Vinsensius lewat putera-puteranya. Akhirnya pada tahun 1654 karya CM mulai berkembang di Torino (Italia) dan di Aljazair.
Di mana-mana para putera Vinsensius menangani karya yang sama seperti sang pendiri di Perancis: Misi Umat, terutama di daerah pedesaan, yang sampai saat itu agak terlupakan oleh petugas Gereja; pembinaan imam dan calon imam; pertolongan bagi orang-orang yang terlantar. Melalui kegiatan ini putera-putera Vinsensius mendekatkan Gereja pada umat sederhana dan membawa pembaharuan semangat kristiani di semua lapisan masyarakat.
Di luar Perancis pun para Romo CM berada di garis terdepan bila situasi membahayakan. Misalnya di Polandia yang digoncangkan oleh perang antara Polandia sendiri dengan Swedia, di Genova yang dilanda pes, di tengah-tengah umat katolik Skotlandia dan Irlandia yang dikejar dan dibunuh oleh tentara pemerintah London. Banyak Romo CM menjadi martir cintakasih. Di Genova, misalnya, tujuh imam dan seorang Bruder meninggal karena merawat orang sakit pes.
Usaha Vinsensius di luar Perancis yang paling berani ialah misi ke Madagaskar. Vinsensius menerima pekerjaan itu atas desakan Nuntius (utusan Paus) yang berkedudukan di Paris. Sebetulnya sudah lama Vinsensius mencari kesempatan untuk mengirim misionaris-misionaris CM ke daerah misi. Dia menulis: “Saya mengakui bahwa, dengan kasih dan semangat besar, menurut perasaanku, saya menginginkan perluasan Gereja di daerah-daerah yang penghuni-penghuninya masih kafir”[18].
Kepada Romo Nacquart, misionaris pertama yang diutusnya ke Madagaskar, Vinsensius menulis: “Serikat kita telah memandang Romo sebagai korban yang paling pantas untuk dipersembahkan kepada Sang Pencipta yang Mahakuasa”[19]. Sejarah misi CM di Madagaskar selama Vinsensius masih hidup itu membuktikan bahwa memang karya itu merupakan suatu ‘korban’besar.
Dari tahun 1648 sampai tahun 1660 Vinsensius mempersiapkan enam kelompok misionaris CM untuk diutus ke pulau Afrika Timur itu. Tiga kelompok pertama sampai di pulau itu, sedangkan tiga kelompok terakhir tak pernah menyentuh Madagaskar karena keganasan Lautan Atlantik. Selama 12 tahun Vinsensius berusaha menegakkan Kerajaan Allah di pulau Madagaskar. Selama waktu yang cukup singkat itu tujuh anggota CM meninggal setelah mencapai tujuan. Seorang meninggal dalam perjalanan dan 13 yang lain berangkat tetapi tak pernah sampai pada tujuan.
Hanya dua Romo dapat merintis pembangunan Gereja di pulau itu, yaitu Romo Nacquart yang bertahan sekitar satu setengah tahun dan Romo Bourdaise yang lebih beruntung karena dapat berkarya hampir tiga tahun, sampai dipatahkan oleh disentri yang gawat.
Satu demi satu semua tenaga yang telah diutus ke Madagaskar menjadi korban keganasan iklim atau korban semangat kerja yang tak dapat mereka kendalikan. Siapa yang tak patah di bawah pukulan dan kegagalan yang begitu dahsyat? Namun Vinsensius tetap teguh.
Kepada komunitas CM dia berkata: “Mungkin darah dan daging cenderung meninggalkan Madagaskar, tetapi saya yakin bahwa roh mempunyai niat yang berbeda … Saya yakin bahwa dalam serikat kita tak seorang pun akan mundur kalau diminta mengambil tempat mereka yang telah gugur”[20]. Keyakinan Vinsensius itu sesuai dengan kenyataan. Beliau tak pernah mengalami kesulitan pada saat mencari Romo atau Bruder untuk diutus ke Madagaskar.
Dalam kancah politik
Vinsensius sangat dekat dengan rakyat kecil, tetapi sekaligus dekat pula dengan orang besar, karena Vinsensius ingin menjadi jembatan antara masyarakat yang kaya dan masyarakat yang miskin.
Empat orang yang mengendalikan Pemerintah Perancis mengajak Vinsensius untuk bekerja sama: Kardinal Richelieu, Kardinal Mazzarino, Raja Louis XIII dan Ratu Anna dari Austria Khususnya pada masa Ratu Anna memegang pucuk Kerajaan dengan Kardinal Mazzarino sebagai Perdana Menteri, Vinsensius mendapat kedudukan yang cukup tinggi dalam ‘kabinet’ Perancis. Sebagai Bapak Pengakuan Ratu, santo kita menjadi anggota ‘Dewan Hati Nurani’. Dewan ini bertugas memberikan saran kepada Ratu dalam segala urusan kenegaraan yang menyangkut hati nuraninya.
Empat orang yang mengendalikan Pemerintah Perancis mengajak Vinsensius untuk bekerja sama: Kardinal Richelieu, Kardinal Mazzarino, Raja Louis XIII dan Ratu Anna dari Austria Khususnya pada masa Ratu Anna memegang pucuk Kerajaan dengan Kardinal Mazzarino sebagai Perdana Menteri, Vinsensius mendapat kedudukan yang cukup tinggi dalam ‘kabinet’ Perancis. Sebagai Bapak Pengakuan Ratu, santo kita menjadi anggota ‘Dewan Hati Nurani’. Dewan ini bertugas memberikan saran kepada Ratu dalam segala urusan kenegaraan yang menyangkut hati nuraninya.
Vinsensius berperan penting, terutama dalam pengangkatan Uskup-Uskup. Dia yakin bahwa pembaharuan Gereja Perancis, sesuai dengan harapan Konsili Trente, banyak tergantung pada Uskup-Uskup. Vinsensius mencoba memperjuangkan imam-imam yang pantas untuk kedudukan itu. Karenanya Vinsensius harus banyak berkorban, sebab perjuangannya itu tidak seiring dengan pandangan Kardinal Mazzarino, yang lebih cenderung menganggap pengangkatan Uskup sebagai suatu permainan politik. Vinsensius mendapat kesulitan juga dari banyak keluarga terkemuka, yang hanya ingin memperjuangkan kehormatan keluarga tanpa mempedulikan kepentingan Gereja.
Vinsensius menjadi anggota Dewan Hati Nurani dari tahun 1643 sampai tahun 1652, Pada masa itu Perancis diguncangkan oleh perang saudara yang diberi nama perang ‘Fronde’ (1648-1649, 1651-1653). Di tengah-tengah pertentangan antara golongan yang bertikai, Vinsensius menjadi tokoh penengah, karena dia dekat dengan Ratu dan Perdana Menteri, dan dekat pula dengan rakyat, parlemen dan keluarga-keluarga bangsawan.
Dua kali Vinsensius melakukan tindakan yang bersejarah, pada bulan Januari 1649 dan pada bulan September 1652. Dia mengusulkan kepada Kardinal Mazzarino agar mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri, karena dialah yang dipandang oleh rakyat sebagai biang keladi perang itu. Pertama kali langkah Vinsensius gagal; tetapi pada tahun 1652 berhasil dan menyelamatkan Perancis dari pertumpahan darah yang tak berguna.
Dua kali Vinsensius melakukan tindakan yang bersejarah, pada bulan Januari 1649 dan pada bulan September 1652. Dia mengusulkan kepada Kardinal Mazzarino agar mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri, karena dialah yang dipandang oleh rakyat sebagai biang keladi perang itu. Pertama kali langkah Vinsensius gagal; tetapi pada tahun 1652 berhasil dan menyelamatkan Perancis dari pertumpahan darah yang tak berguna.
V. Senja yang cerah (1653-1660)
Pada tahun-tahun terakhir hidupnya Vinsensius dipandang oleh seluruh masyarakat Perancis dan pejabat-pejabat Gereja sebagai tokoh yang penuh wibawa karena karya, kesucian dan kebijaksanaannya.
Dari pusat CM di Paris Vinsensius masih mengikuti perkembangan semua karyanya dan masih bertindak sebagai ‘jenderal’, terutama lewat surat-suratnya. Santo kita tidak dapat terjun langsung di lapangan seperti dulu, karena kesehatannya mulai terganggu. Namun pikirannya masih jernih, kemauannya masih keras dan kesuciannya makin kentara.
Dari pusat CM di Paris Vinsensius masih mengikuti perkembangan semua karyanya dan masih bertindak sebagai ‘jenderal’, terutama lewat surat-suratnya. Santo kita tidak dapat terjun langsung di lapangan seperti dulu, karena kesehatannya mulai terganggu. Namun pikirannya masih jernih, kemauannya masih keras dan kesuciannya makin kentara.
Selama periode ini dia dapat lebih memusatkan perhatian pada pembinaan CM dan Puteri Kasih. Peraturan CM disetujui oleh Uskup Paris, atas nama Paus, pada tahun 1653. Dua tahun kemudian Paus sendiri menyetujui kaul sebagai unsur hakiki CM.
Tahun 1658 peraturan CM, yang sudah direvisi dan disetujui kembali oleh Uskup, dicetak dan dibagikan kepada semua anggota. Puteri Kasih juga mendapat persetujuan sebagai Serikat oleh Uskup Paris.
Tahun 1658 peraturan CM, yang sudah direvisi dan disetujui kembali oleh Uskup, dicetak dan dibagikan kepada semua anggota. Puteri Kasih juga mendapat persetujuan sebagai Serikat oleh Uskup Paris.
Vinsensius masih memberi perhatian kepada Misi Umat, sebagai karya utama CM. Malah pada tahun 1653 dia ikut ambil bagian dalam salah satu Misi di Sevran. Nyonya d’Aiguillon menulis kepada Romo Portail, wakil Pimpinan CM, dan menegurnya karena Romo Vinsensius yang sudah lanjut usia dibiarkan membuang tenaganya: “Saya merasa bahwa hidupnya sangat berharga dan berguna bagi Gereja dan Serikatnya. Tidak masuk akal kalau tenaganya dibuang begitu saja”[21].
Vinsensius, sebelum berangkat, sudah memberi penjelasan kepada ibu yang baik itu: “Saya merasa berdosa di hadapan Tuhan apabila saya tidak melakukan apa saja yang dapat saya kerjakan bagi rakyat miskin dari daerah pedesaan”[22].
Vinsensius, sebelum berangkat, sudah memberi penjelasan kepada ibu yang baik itu: “Saya merasa berdosa di hadapan Tuhan apabila saya tidak melakukan apa saja yang dapat saya kerjakan bagi rakyat miskin dari daerah pedesaan”[22].
Pada senja hidupnya Vinsensius disibukkan secara khusus oleh dua usaha: Pembebasan para budak kristen di Afrika Utara dan rencana pemerintah Perancis untuk mengumpulkan semua pengemis di satu tempat yang diberi nama “l’Hôpital Général” (rumah sakit umum).
Usaha yang kedua ini sebetulnya dirintis oleh ibu-ibu dari Persaudaraan Kasih, yang ingin melaksanakan untuk lingkup yang lebih luas dan umum apa yang sudah dikerjakan oleh Vinsensius dengan asrama “Nama Kudus Yesus” bagi orang-orang jompo.
Selanjutnya pemerintah mengambil alih gagasan itu. Vinsensius diberitahu mengenai rencana itu, didesak untuk memberi dukungan dan diminta melibatkan diri dan semua organisasinya dalam usaha itu. Malah para Romo CM secara resmi diangkat menjadi Kapelan, tanpa sebelumnya minta persetujuan kepadanya.
Ternyata Vinsensius menolak melibatkan dirinya dan CM dalam karya itu. Sikap Vinsensius nampaknya aneh, sebab dia berpedoman: ’orang-orang miskin adalah warisan kita’ dan karenanya dia tak pernah mengundurkan diri di hadapan kebutuhan mereka.
Namun “l’Hôptal Général” mendapat penilaian cukup negatif dari santo kita. Dasar usaha itu bukanlah cinta kepada orang miskin dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan mereka, melainkan pandangan bahwa orang miskin merupakan ancaman bagi masyarakat, karena itu harus disingkirkan dan dimasukkan dalam semacam “penjara” yang hanya namanya lebih manis.
Usaha yang kedua ini sebetulnya dirintis oleh ibu-ibu dari Persaudaraan Kasih, yang ingin melaksanakan untuk lingkup yang lebih luas dan umum apa yang sudah dikerjakan oleh Vinsensius dengan asrama “Nama Kudus Yesus” bagi orang-orang jompo.
Selanjutnya pemerintah mengambil alih gagasan itu. Vinsensius diberitahu mengenai rencana itu, didesak untuk memberi dukungan dan diminta melibatkan diri dan semua organisasinya dalam usaha itu. Malah para Romo CM secara resmi diangkat menjadi Kapelan, tanpa sebelumnya minta persetujuan kepadanya.
Ternyata Vinsensius menolak melibatkan dirinya dan CM dalam karya itu. Sikap Vinsensius nampaknya aneh, sebab dia berpedoman: ’orang-orang miskin adalah warisan kita’ dan karenanya dia tak pernah mengundurkan diri di hadapan kebutuhan mereka.
Namun “l’Hôptal Général” mendapat penilaian cukup negatif dari santo kita. Dasar usaha itu bukanlah cinta kepada orang miskin dan keinginan untuk memenuhi kebutuhan mereka, melainkan pandangan bahwa orang miskin merupakan ancaman bagi masyarakat, karena itu harus disingkirkan dan dimasukkan dalam semacam “penjara” yang hanya namanya lebih manis.
Usaha kedua yang menyibukkan Vinsensius ialah karya untuk membebaskan para budak di Afrika Utara. Para anggota CM yang berkarya di sana sangat menderita, terutama Bruder Barreau, Konsul di Aljazair, yang dipenjarakan oleh penguasa setempat. Di seluruh Perancis diadakan propaganda besar-besaran guna mengumpulkan dana untuk membebaskan umat Kristen yang dijadikan budak. Namun hasilnya, betapapun menyenangkan, tak seimbang dengan kebutuhan.
Karena itu Vinsensius mengambil keputusan untuk mendukung prakarsa seorang bernama Paul, yang merencanakan suatu serangan terhadap Afrika Utara untuk membebaskan para budak. Serangan memang dilakukan, tetapi gagal.
Karena itu Vinsensius mengambil keputusan untuk mendukung prakarsa seorang bernama Paul, yang merencanakan suatu serangan terhadap Afrika Utara untuk membebaskan para budak. Serangan memang dilakukan, tetapi gagal.
Pada masa ini Vinsensius mendapat percobaan-percobaan berat: Kegagalan Misi di Madagaskar dengan banyak misionaris yang gugur, kehancuran Rumah CM di Warsawa, kematian tujuh imam yang berkarya di Genova. Justeru sikapnya terhadap percobaan-percobaan ini menunjukkan seluruh kesuciannya, seperti dapat dilihat dari contoh berikut.
Komunitas Saint-Lazare mempunyai beberapa tanah bengkok. Salah satu yang paling luas dan paling produktif ialah Orsigny. Beban yang harus dipikul CM sungguh sangat berat, maka tanah itu sangat penting bagi kelangsungan hidup komunitas dan karya-karyanya. Ternyata pada tahun 1658 pengadilan memutuskan bahwa CM tidak berhak atas tanah Orsigny. Santo Vinsensius sangat terpukul. Pada waktu itu dia di luar Saint-Lazare dan menulis surat berikut ini kepada komunitasnya:
“Apa saja yang dilakukan Tuhan pasti itulah yang terbaik. Kehilangan tanah tersebut akan menguntungkan kita, karena pengalaman ini pun berasal dari Allah. Untuk orang yang saleh segalanya akan membawa kebaikan. Saya yakin bahwa segala kemalangan akan menjadi sukacita dan berkat bila diterima dari tangan Tuhan.
Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena kejadian ini, yaitu karena kita kehilangan kekayaan itu, dan kita harus bersyukur pula karena ternyata, berkat rahmat Tuhan, kita siap untuk menerima malapetaka itu demi cinta kepada Tuhan. Kerugian yang kita alami memang besar, tetapi kebijaksanaan-Nya yang patut kita sembah itu mampu mengubah malapetaka menjadi keuntungan besar bagi kita”[23].
Kita harus bersyukur kepada Tuhan karena kejadian ini, yaitu karena kita kehilangan kekayaan itu, dan kita harus bersyukur pula karena ternyata, berkat rahmat Tuhan, kita siap untuk menerima malapetaka itu demi cinta kepada Tuhan. Kerugian yang kita alami memang besar, tetapi kebijaksanaan-Nya yang patut kita sembah itu mampu mengubah malapetaka menjadi keuntungan besar bagi kita”[23].
Sejak tahun 1656 kesehatan Vinsensius sangat menurun, tetapi Vinsensius sudah siap menghadap Bapa. Dia sendiri mengakui: “Sejak 18 tahun yang lalu, setiap malam sebelum tidur saya mempersiapkan diri untuk menerima kematian malam itu juga”.
Beberapa temannya mendahului dia. Jean-Jacques Olier, murid Vinsensius dan pembina calon imam seperti gurunya, wafat pada tahun 1657; Antoine Portail, pendamping Vinsensius sejak di Clichy, menyusul pada tanggal 14 Februari 1660; Luisa de Marillac wafat tanggal 15 Maret 1660.
Kepergian sahabat-sahabat semakin mempersiapkan Vinsensius untuk melepaskan segala ikatan dunia, sehingga pada akhir September 1660, ketika dia menghadapi ajalnya, tampak begitu damai dan pasrah kepada kehendak Bapa. Dan pada pagi hari tanggal 27 September 1660, didampingi oleh seluruh komunitas CM yang ada di Saint-Lazare, menghembuskan nafasnya yang terakhir dengan damai.
SPIRITUALITAS SANTO VINSENSIUS
“Inilah kunci utama hidup rohani, menyerahkan kepada-Nya segala sesuatu yang kita cintai sambil menyerahkan diri kepada kehendak-Nya”.
Bagi siapa saja kehidupan rohani berarti usaha untuk mencintai Allah. Cinta kepada Allah itu dalam pengertian S. Vinsensius mendapat warna khas: “Saudara-saudaraku, marilah mencintai Allah, sekali lagi marilah mencintai Allah, tetapi dengan mencucurkan keringat dan dengan menyingsingkan lengan baju”[24].Santo Vinsensius berkata bahwa ada dua macam cinta kepada Allah, afektif dan efektif, dan keduanya diperlukan.
Maka menurut Santo Vinsensius cinta kepada Allah dengan sendirinya bermuara dalam karya Allah, yaitu dalam usaha melaksanakan kehendak Allah. Oleh karena itu bagi Vinsensius doa dan karya merupakan satu kesatuan: doa dilanjutkan dalam karya, karya dibawa dalam doa dan karenanya menjadi subur.
Vinsensius tidak segan-segan menganjurkan kepada Puteri Kasih: “Bila Suster terpaksa meninggalkan doa untuk melayani orang miskin, jangan cemas, karena itu berarti meninggalkan Tuhan untuk berjumpa lagi dengan Tuhan dalam diri orang miskin”.
Vinsensius tidak segan-segan menganjurkan kepada Puteri Kasih: “Bila Suster terpaksa meninggalkan doa untuk melayani orang miskin, jangan cemas, karena itu berarti meninggalkan Tuhan untuk berjumpa lagi dengan Tuhan dalam diri orang miskin”.
Santo Vinsensius bukanlah seorang santo yang menonjol karena pengalaman rohani istimewa, seperti kontemplasi, penglihatan, matiraga luar biasa, mukjizat. Spiritualitasnya menonjol karena bagi dia acara-acara rohani maupun karya sama-sama merupakan doa. Doa di kapel sangat penting: “Berilah aku seorang pendoa dan dia akan mampu melakukan apa saja”.
Karya juga penting dan bernilai sebagai doa, karena merupakan perwujudan kehendak Allah. Lebih tegas lagi: dalam doa manusia mencari kehendak Allah yang nantinya akan dilaksanakan dalam karya.
Karya juga penting dan bernilai sebagai doa, karena merupakan perwujudan kehendak Allah. Lebih tegas lagi: dalam doa manusia mencari kehendak Allah yang nantinya akan dilaksanakan dalam karya.
Kalau kita mempelajari karya maupun tulisan Vinsensius, nampaklah suatu kekhawatiran: jangan-jangan karya yang direncanakan tidak sesuai dengan kehendak Allah. Dia mempunyai prinsip: “Mengikuti Penyelenggaraan Ilahi dan tidak pernah mendahului-Nya”, yaitu menunggu tanda-tanda yang jelas bahwa sesuatu dikehendaki oleh Tuhan. Dia yakin bahwa kalau Tuhan menghendaki sesuatu pasti Dia akan menunjukkan kehendak-Nya dengan jelas.
Pengalaman membuktikan kepadanya bahwa Tuhan pasti menghendaki Vinsensius membaktikan seluruh hidupnya bagi orang miskin. Setelah peristiwa Folleville, Châtillan-les-Dombes dan peristiwa-peristiwa lain, dia sedikit pun tidak ragu-ragu. Karena itu untuk dirinya dan CM dipilihnya semboyan: “Evangelizare pauperibus misit me” (Tuhan telah mengutus aku untuk mewartakan kabar gembira kepada orang miskin); sedangkan untuk para Suster Puteri Kasih dia memilih motto: “Caritas Christi urget nos” (Cinta kasih Kristus mendesak kita).
Karena para imam CM dan para Suster Puteri Kasih bertugas untuk berkarya di tengah-tengah orang kecil, maka Vinsensius memilih bagi mereka keutamaan-keutamaan yang tepat. Bagi para imam CM: Kesederhanaan, Kerendahan hati, Kelemah-lembutan, Matiraga, Semangat merasul. Bagi para Suster PK: Kesederhanaan, Kerendahan hati, Kasih.
Berdasarkan kesadaran atas panggilan hidupnya itu, maka dia tak pernah mundur di hadapan masalah yang menyangkut orang kecil. Dia tak mungkin berkata: “Saya terlalu sibuk, itu bukan urusan saya, biar ditangani orang lain”.
Karena itu kita melihat bahwa semua masalah sosial yang muncul ke permukaan atau berhasil ditangkap oleh kepekaannya, dihadapinya dengan penuh tanggung jawab. Penanganan masalah itu bukanlah untuk sekedar menunjukkan kehendak baik. Selalu diusahakan penanganan yang tuntas, sesuai dengan kemampuan maksimal. Banyak contohnya: Folleville, Châtillon, Macon, korban perang, anak-anak terbuang, budak dan lain-lain.
Karena itu kita melihat bahwa semua masalah sosial yang muncul ke permukaan atau berhasil ditangkap oleh kepekaannya, dihadapinya dengan penuh tanggung jawab. Penanganan masalah itu bukanlah untuk sekedar menunjukkan kehendak baik. Selalu diusahakan penanganan yang tuntas, sesuai dengan kemampuan maksimal. Banyak contohnya: Folleville, Châtillon, Macon, korban perang, anak-anak terbuang, budak dan lain-lain.
Karena semua ini, Vinsensius menjadi kreatif, bahkan revolusioner. Dia membentuk organisasi yang serba baru, seperti Serikat Puteri Kasih, komunitas suster pertama yang berani meninggalkan biara dan berkarya di tengah-tengah masyarakat, di mana saja diperlukan, dalam kancah perang, di tengah narapidana, di tengah pengungsi yang penuh masalah.
Kepada suster-susternya Vinsensius berkata:“Biaramu ialah rumah orang-orang sakit, kamar biaramu ialah kamar-kamar yang kamu sewa, kapelmu ialah Gereja Paroki, lorong biaramu ialah jalan-jalan kota atau lorong-lorong rumah sakit, klausuramu ialah ketaatan, kisi-kisimu ialah rasa takut akan Tuhan, kerudungmu ialah sikap sopan”[25].
Kepada suster-susternya Vinsensius berkata:“Biaramu ialah rumah orang-orang sakit, kamar biaramu ialah kamar-kamar yang kamu sewa, kapelmu ialah Gereja Paroki, lorong biaramu ialah jalan-jalan kota atau lorong-lorong rumah sakit, klausuramu ialah ketaatan, kisi-kisimu ialah rasa takut akan Tuhan, kerudungmu ialah sikap sopan”[25].
Melalui Serikat Suster yang serba baru, melalui Kongregasi imam yang benar-benar terjun di tengah-tengah orang-orang kecil daerah pedesaan, melalui gerakan awam yang tidak hanya mengutamakan kegiatan tetapi mencari ispirasi dalam spiritualitas, melalui pembinaan para imam dan calon imam, Vinsensius membangun Gereja modern [26], Gereja yang hidup di tengah-tengah masyarakat dan siap melayani kebutuhan dan tantangan masyarakat.
(Dikutip dari Buku Sahabat-Sahabat Tuhan dan Orang Miskin, SERI VINSENSIANA No. 1, Tulisan: Romo Silvano Ponticelli, CM).
[1] SV III, 132-133.
[2] SV 1, 3.
[3] Mata uang Perancis pada zaman itu.
[4] SV I, 1-17.
[5] SV I, 18-19.
[6] SV XI, 402).
[7] Lihat SV XI, 337
[8] Lihat SV XI, 32-34
[9] SV XIII, 423. Lihat Abelly I, h. 46.
[10] A. Feillet, La misère au temps de la Fronde et Saint Vincent de Paul, hal. 212-213.
[11] SV V, 241.
[12] SV IV, 405
[13] SV IV, 406-407
[14] Abelly I, 127-128
[15] SV XIII, 797-801
[16] SV IX, 133
[17] SV X, 125
[18] SV III, 35
[19] SV III,279
[20] SV XI, 420,422
[21] SV IV, 587
[22] SV IV, 586
[23] SV VII, 251-252
[24] SV XI, 40
[25] Peraturan Umum Puteri Kasih, I,2
[26] Lihat: Giuseppe Giornelli, CM: S. Vincenzo de’ Paoli, un costruttore della Chiesa moderna.
Advertisements
(Sumber: https://vinsensius.wordpress.com).